BONDOWOSO – Beberapa waktu yang lalu, kebakaran menimpa sejumlah rumah RT 04/01Dusun Andung, Baratan, Binakal. Korbannya adalah Ruhana, Pak Maija dan Buyani. Kejadian ini menjadi perhatian khusus komunitas Jas Hijau yang dipimpin langsung boleh penggagasnya H. Ahmad Dhafir. Bersama rombongan, dia mendatangi para korban, Minggu 30/7/2017.

Menurutnya banyaknya kejadian bencana termasuk kebakaran yang melanda rumah warga dengan segala penyebabnya mengetuk rasa kemanusiaan kita sesama anak bangsa. Berangkat dari itulah, komunitas Jas Hijau berinisiatif untuk membantu dan turut berduka atas musibah dengan meringankan beban korban kebakaran.

“Kebakaran ini selain merupakan cobaan dari Allah, juga menjadi pelajaran bagi kita untuk menajamkan rasa kemanusiaan kita, minimal dengan menyapa dan berdoa, syukur syukur apabila dapat membantu dengan materi,” ujarnya.

 

Baca Juga : Ribuan Warga Bondowoso Antusias Gelorakan Jas Hijau

 

Jas Hijau yang merupakan komunitas pecinta ulama dan NKRI menggagas dan mengajak komunitas lainnya untuk berlomba-lomba membantu apabila terdapat saudara sebangsa yang terkena bencana.

“Komunitas Jas Hijau bukan hanya Istilah, namun kehadirannya selain mengingatkan perjuangan ulama dalam mendirikan NKRI, konteks hari ini turut memberikan kemanfaatan bagi sesama sebagai bentuk nyata kecintaan pada ulama, karena ulama sangat mencintai ummatnya,” imbuhnya.

Sementara itu menurut bendahara komunutas Jas Hijau Karna suswandi, pada kesempatan tersebut komunitas Jas Hijau membantu 50 semen dan santunan lainnya.

“Sebagai bentuk solidaritas dan kemanusiaan kita, komunitas Jas Hijau turut berduka dan memberikan santunan untuk para korban, semoga keberadaan jas hijau makin bermanfaat di masa yang akan datang,” pungkasnya. (esb)