Share

BONDOWOSO – Komisi 3 DPRD Bondowoso meminta Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan pengembangan jaringan E-Government ke 23 kecamatan. Pasalnya, keberadaan E-Gov ini menjadi kebutuhan di era digital.

Demikian disampaikan oleh Fathorosi, Ketua Komisi 3 DPRD Bondowoso, usai melakukan kunjungan kerja ke Diskominfo, Rabu (9/1).

“Dalam hal ini, ini bukan masalah besar kecilnya anggaran itu sendiri. Ini sebuah kebutuhan di era digital,” terang Fathorosi.

Ia menerangkan saat ini penyampaian data, akses data, hasil musrembang desa dan kecamatan bisa dikirim melalaui jaringan-jaringan di e-Government ini. Seperti e-bugeting, e-planing, dan lainnya.

 

Baca Juga : Bara JP Laporkan Delapan Akun Penghina Presiden Jokowi

 

Sejauh ini, e-Gov tersebut telah dipasang di 34 OPD dan satu di Pendopo Bupati. Oleh karena itu, selanjutnya ini perlu di bangun di tingkat kecamatan.

Sementara itu disampaikan oleh, Kepala Dinas Kominfo, Haeriyah Yuliati, mengatakan, bahwa pengembangan jaringan E-Gov di 23 kecamatan ini masih akan dianggarkaan di PAK APBD 2019.

“Karena kalau di APBD awal kemungkinan besar sudah tidak mungkin, karena memang APBD awal sudah ditetapkan. Insyallah, di PAK kita akan usulkan di jaringan yang 23 kecamatan,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa pengembangan jaringan E-Gov di tahun 2018 telah dilakukan dalam bentuk sewa pihak ketiga ke 34 OPD dan satu untuk jaringan di Pendopo. Jaringan ini sudah dimanfaatkan untuk pelaksanaan Simda Online, dan finger print secara online.

“Jadi istilahnya finger print ini sudah bisa terintegrasi. Jadi tidak lagi, istilahnya bersifat parsial di masing-masing OPD. Tapi sudah terintegrasi untuk 34 OPD,” urainya.

Untuk informasi, Komisi 3 DPRD Bondowoso melakukan kunjungan kerja ke sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah), Rabu (9/1). Kunker dilakukan untuk melihat persiapan dan kesiapan perencanaan tahun 2019.

Adapun, dua OPD yang hari ini, Rabu (9/1)n dikunjungi yakni Dinas PUPR dan Dinas Kominfo. Rencananya, Kamis (10/1) Komisi 3 akan melakukan kunker lagi di Dinas Pariwisata.(och)