Share

SITUBONDO – Komisaris Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Ali Masykur Musa, menggelar Kunjungan Kerja (Kanker) ke Situbondo, Minggu (23/1/2023). Tujuannya untuk melakukan survei lapangan Pelabuhan Jangkar.

Dalam kesempatan tersebut, Eks Aktivis PMII ini mengatakan, pengembangan akses pelayaran dari Pelabuhan Jangkar Situbondo ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi basis ekonomi baru. Khususnya dalam hal pengiriman logistik.

“Ada beberapa pertimbangan, pertama mengenai terhadap suplai barang dan ketersediaan barang di Situbondo dan sekitarnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ali Masykur menyampaikan, dengan adanya rute baru itu pengiriman barang ke Indonesia bagian timur menjadi lebih cepat. Sebab ada selisih waktu sekitar tiga hingga empat jam bila dibandingkan lewat Banyuwangi.

“Dengan demikian pengangkutan kendaraan maupun barang dari Pelabuhan Jangkar, saya rasa sudah tidak ada halangan,” tambahnya.

Baca Juga : Mahasiswa Sayangkan Tuntutan Perpanjangan Masa Jabatan Kades

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, mengungkapkan perluasan penyeberangan Jangkar-Lembar sudah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan. “Kalau izin trayek (Jangkar-Lembar) sudah, tinggal pengoperasiannya. Beberapa waktu lalu juga sudah uji coba Jangkar-Lembar, alhamdulillah lancar,” beber pria yang akrab disapa Bung Karna ini. (Adv/Ozi)