BONDOWOSO – Sebanyak 13 rumah veteren pejuang Republik Indonesia direnovasi oleh Kodim 0822 Bondowoso. Ini dilakukan dalam rangka program bedah rumah yang diinisiasi langsung oleh Kodim. Rumah-rumah veteran tersebut tersebar di sekitar enam kecamatan di antaranya Kecamatan Tamanan, Jambesari, Klabang, Curahdami, serta Binakal.

Komandan Kodim 0822, Letkol Inf. Tarmuji, ditemui awak media Kamis (21/9), mengatakan renovasi rumah veteran ini merupakan bentuk penghargaan dan kepedulian kepada veteran pejuang. Utamanya veteran yang secara ekonomi masih perlu mendapatkan perhatian. Dia menegaskan bahwa veteran yang rumahnya dibedah ini semuanya veteran pejuang, bukan purnawirawan TNIl.

“Program bedah rumah ini menjadi bukti bahwa TNI menghargai perjuangan para Veteran Kemerdekaan RI yang bertujuan untuk membantu para Veteran yang tempat tinggalnya tidak layak huni, agar mereka mendapatkan hidup secara layak,” ujar Tarmuji.

Program bedah rumah veteran, kata Tarmuji, pertama kali dilakukan. Sebelum-sebelumnya bedah rumah dilakukan untuk masyrakat secara umum. Artinya diberikan kepada warga yang rumahnya tidak layak huni.

 

Baca Juga : HUT TNI ke-72, Kodim Bondowoso Gelar Baksos Donor Darah

 

“Selama ini kan Pemerintah Daerah memiliki program bedah RTLH. Kalau ini dilakukan oleh Kodim untuk veteran. Ini pertama kali, ini digagas oleh Kodim,” tambahnya.

Dia memastikan program bedah rumah ini akan bisa terus dilakukan setiap tahunnya. Bedah rumah kepada veteran ini menjadi bentuk terima kasih dan penghargaan atas perjuangan mereka.

Bedah rumah kepada 13 veteran ini sudah mulai direhab sejak Senin, (18/9). Diharapkan sebelum ulang tahun TNI pada 5 Oktober 2017 nanti, bedah rumah sudah selesai. (och)