LUMAJANG – Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama’ (PCNU) Lumajang, Drs. Samsul Huda, M.Pd meninggal dunia pada Rabu (25/5) sore di rumah anaknya di kota Malang.

Berdasarkan informasi yang diterima, Samsul Huda tutup usia akibat serangan jantung. Oleh anaknya, jenazah korban langsung dibawa pulang ke rumah duka di Lumajang untuk dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Serbet, Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko.

Menurut Adam Bahiro selaku ketua Gerakan Pemuda Ansor Lumajang mengatakan, Almarhum ke Malang dalam rangka menghadiri acara pengukuhan KH. Ma’ruf Amin sebagai dosen di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dimana dalam acara itu juga dihadiri oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo.

Saat pergi ke Malang, lanjut Bahiro, kondisi almarhum sehat dan tidak ada tanda-tanda sakit. Bahkan, saat berada di Malang almarhum sempat kirim foto via Whatsap kepada rekan-rekan NU di Lumajang.

Bahiro mengaku menerima kabar jika Bapak Samsul Huda meninggal dunia Rabu sore menjelang waktu magrib. Awalnya dirinya sempat tidak percaya, karena masih sempat bercanda via WA. Lalu dirinya croscek ke pihak keluarganya ternyata kabar itu benar.

 

Baca Juga : Bupati Ajak Masyarakat Bersatu Membangun Lumajang

 

“Kami bersama warga Nahdatul Ulama’ (NU) Lumajang merasa kehilangan sosok Pak Samsul. Banyak jasa yang sudah dilakukan oleh almarhum untuk membesarkan NU di Lumajang,” kata Bahiro.

Masih kata Bahiro, jenazah korban di makamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Kamis (25/5) sekitar pukul 09.00 Wib tadi pagi.

“Pada proses pemakaman, hadir Bupati Lumajang Drs. H. As’at Malik, M.Ag, didampingi pejabat teras pemkab Lumajang, Dandim 0821 bersama rombongan,” ujarnya lagi.

Selain, tampak hadir juga Kapolres AKBP Raydian Kokrosono, S.IK didampingi wakapolres dan beberapa pejabat utama Polres Lumajang, Muspika Kecamatan Kota Lumajang dan Sumbersuko juga puluhan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Lumajang.

“Proses pemakaman almarhum Pak Samsul, berangkat dari rumah duka menuju ke TPU mendapat pengawalan puluhan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser),” pungkasnya.(eni)