Share

BONDOWOSO – Satlantas Polres Bondowoso memeberikan pelatihan Safety Riding kepada pelajar SMA dan SMP di gedung Gelanggang Olahraga (GOR), Rabu (3/10).

Unit Dikyasa Satlantas Bondowoso, Sidomukti, mengungkapkan bahwa pendidikan lalu lintas pada anak usia sekolah perlu dilaksanakan sejak usia dini dan berkelanjutan. Sebab sebagian korban kecelakaan lalu lintas didominasi oleh kalangan pelajar.

“Angka kecelakaan kalangan pelajar sangat marak. Karenanya kami siap membekali pelajar dalam hal pengetahuan, sikap, etika, dan perilaku berlalu lintas,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa umumnya para pelajar sangat minim pengetahuan tentang berkendara aman. Sebagai pengendara, mereka tidak sadar bahwa selain menjaga keamanan diri sendiri juga harus peduli terhadap keselamatan pengguna jalan lain.

“Kesadaran pelajar masih sangat kurang dalam memahami pentingnya keselamatan berlalu lintas. Entah bagi diri sendiri mau pun orang lain,” tambahnya.

Pelatihan tersebut setidaknya melibatkan 8 SMA/SMK dan 5 SMP. Para pelajar cukup antusias mengikuti program safety riding. Mereka senang karena dapat mengetahui secara langsung bagaimana cara berkendara yang aman bagi diri sendiri mau pun bagi orang lain.

“Kami senang mengikuti acara ini karena kita tau langsung dari Bapak Polisi bagaimana cara berkendara yang aman,” tukas Andi, siswa asal SMA 01 Bondowoso. (abr)