Share

SITUBONDO –  Untuk menambah pengetahuan dan kemampuan di bidang fungsi teknis Kepolisian, personil Polres Situbondo mendapat pelatihan perlawanan teror (Wanteror) dan penjinak bom (Jibom) dari Detasemen Gegana Satbrimob Polda Jatim.

“Pelatihan perlawanan teror dan penjinak bom ini dipimpin langsung oleh Kanit Subden Wanteror Satbrimob Polda Jatim, Iptu Pol Hendra Gunawan,” ujar Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubbag Humas) Polres Situbondo, Iptu Pol Nanang Priyambodo di Situbondo.

Dalam pelatihan ini, lanjut dia, diisi dengan pemberian materi dan pengenalan terhadap jenis-jenisbahan peledak serta peralatan-peralatan khusus dalam penjinakan bom dan juga pelatihan dengan praktik di lapangan.

Sesuai yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono, katanya, pelaksanaan latihan fungsi teknis kepolisian bahwa memang pelatihan perlawananan teror (Wanteror) dan penjinak bom (Jibom) ini diperlukan keahlian khusus dan personil yang terlatih hanya ada di Satuan Brimob.

“Selain itu Kapolres Situbondo juga menekankan kepada anggota yang sudah ditunjuk untuk mengikuti pelatihan bersungguh-sungguh dan serius mengikuti arahan dari penjelasan instruktur atau pelatih, karena ini adalah kesempatan yang harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Pelatihan ini, lanjut dia, memberikan materi tentang perlawanan teror di antaranya pengenalan senjata api, sniper, escape, pertempuran jarak dekat dan penanganan korban, sandera, tersangka. Sedangkan untuk pelatihan penjinak bom dengan materi pengetahuan tentang bahan peledak, sterilisasi bom, TPTKP Bom dan evakuasi bom. (yud/esb)