Share

BONDOWOSO – Menjalani ibadah puasa pada hari-hari pertama memang serasa lebih berat.  Hal yang paling sering dialami ialah rasa haus dan lapar yang amat luar biasa mengancam iman. Sehingga, kebanyakan orang mengaku merasa lemas, atau tidak bertenaga ketika siang hari tiba.

Namun, taukah anda apakah penyebabnya?

Mungkin kebanyakan orang akan menjawab, bahwa hal itu dirasakan akibat perut atau pencernaan yang belum terbiasa. Karena saat berpuasa, tubuh tidak akan menerima asupan makanan apa pun selama kurang-kurang lebih 12 jam.

Dari pada mengira-ngira, mari kita simak pemaparan dari Staf Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, Dinas kesehatan Bondowoso, Luluk Mas’adah, AMG.

“Rasa lapar dan haus itu sebenarnya pengaruh psikis saja. Karena pada awal puasa psikis kita masih butuh adaptasi. Kalau pengaruh medis tidak ada,” ungkap Luluk di kantor setempat, Kamis (17/5).

Ya, hal itu sebenarnya disebabkan oleh mentalitas atau perasaan saja. Kerena sebagaimana telah ketahui bersama, bahwa puasa ramadan adalah puasa yang jarang sekali dilakukan, hanya dilaksanakan satu bulan dalam satu tahun. Sehingga, tak heran jika pada awal berpuasa sangat mempengaruhi psikis seseorang. Apalagi bagi seseorang yang jarang mau pun tidak pernah melaksanakan puasa sunnah! Hihi (abr)