JEMBER – Komisi I DPR RI bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar sosialisasi Redesain USO 2018, Minggu (3/6/2018) siang di Aula Yudis Motor Desa Sempolan,  Kecamatan Silo Jember.

Kegiatan ini diadakan dengan tema merawat Kebangsaan dengan Pemanfaatan Teknologi ITE. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komisi I DPR RI Drs.  HM.  Saiful Bahri Ansori dari Fraksi PKB Dapil Jember-Lumajang serta Siti Roudhotul Jannah, M. MEd.Kom wakil Dekan bidang Akademik Fakultas Dakwah IAIN Jember dan ibu Ari Wahyuniarti selaku kepala Divisi Kepegawaian, Keuangan dan Tata Usaha Bakti, Kemenkominfo.

Saiful mengatakan, universal Service Obligation (USO) atau dalam bahasa indonesia nya adalah kewajiban layanan universal yang merupakan bagian dari kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika kepada publik.

“Di kegiatan ini kita menunaikan kewajiban untuk memberikan perluasan insfrastruktur telekomunikasi di daerah 3T yaitu , tertinggal, terluar dan terpencil,” kata DPR RI Komisi l tersebut.

Selain itu, dirinya juga menargetkan prioritas pembangunan 5 tahun di bidang komunikasi dan informatika.

“Prioritas itu meliputi pembangunan pariwisata dan industri,  kemaritiman, energi, kedaulatan pangan, infrastruktur, perbatasan serta pembangunan sumber daya manusia, ” jelasnya.

Baca Juga : Tingkatkan Kesejahteraan Tenaga Pendidik, Ini Komitmen Dhafir-Dayat

Masih kata Saiful, bahwa data statistik pengguna internet Indonesia mencapai 132,7 Juta dari total populasi penduduk Indonesia 256,2 juta orang.Komposisi pengguna internet Indonesia, 62% oleh pekerja atau wiraswasta, 16,6% oleh IRT, 7,8% oleh mahasiswa, 6,3% oleh pelajar, 0,6% lainnya.

Ari Wahyuniarti selaku kepala Kepegawaian Bakti Kemenkominfo,  juga menjelaskan terkait program prioritas jangka panjang tersebut berupaya untuk menyebar kabel optik sampai ke pelosok sehingga masyarakat yang ada dapat menikmati akses jaringan secara merata hingga ke pelosok desa, selain itu pentingnya sebuah internet untuk produktifitas kegiatan sehari-hari.

“Paket langganan internet mobile yang digunakan paling banyak melalui handphone atau android dengan paket bulanan yakni mencapai 90,2% atau sekitar 119,6 juta paket bulanan, sedangkan perilaku pengguna internet Indonesia paling besar pada dua konten yaitu 62% konten Komersial atau Online Shop dan 54% konten media sosia yakni Facebook,” ujarnya.

Ari juga mengajak untuk semua masyarakat untuk antisipasi HOAX dengan membuat konten positif, tidak sering share dari sumber yang tidak jelas agar berita hoax tidak semakin merajalela  sebab semua informasi itu ada undang-undangnya yang mana bisa dipidana 5-6 tahun penjara.

Acara yang digelar di Aula yudis Motor depan Pom bensin Sempolan ini diikuti oleh ratusan peserta. (Mam)