Share

SITUBONDO – Puskesmas Panarukan bekerjasama dengan Polsek Panarukan, Koramil Panarukan, KKP Probolinggo Wilker Panarukan dan Kepala Pasar Kilensari Imam Bachtiar, menggelar vaksin covid-19, untuk para pedagang pasar dan masyarakat sekitar pasar Kilensari, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Senin (27/9/2021).

Sedikitnya ada 221 orang yang telah disuntik vaksin Covid-19 yang berlangsung di dalam Pasar Kilensari.

“Alhamdulillah, tidak ditemui tanda-tanda Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ini,” jelas Kepala Pasar Kilensari Imam Bachtiar.

Lebih lanjut, Imam Bachtiar mengatakan bahwa, antusiasme para pedagang Pasar Kilinsari dalam melakukan penyuntikan vaksin ini sangat luar biasa. Para pedagang tidak ragu lagi untuk vaksin.

“Kita targetkan vaksin untuk para pedagang ini sekitar 221 orang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Panarukan dr. H. Imam Hariyono mengatakan bahwa, vaksinasi ini, bekerjasama dengan KKP Probolinggo Wilayah Kerja Panarukan, Polsek Panarukan, Koramil 05/Panarukan dan Kepala Pasar Kilensari.

Baca Juga : Pantau Vaksinasi di SMAN 1 Panji, Pangdam V Brawijaya Siap Dukung Penuh Percepatan Vaksinasi di Situbondo

“Dalam sepekan ini, kita harus kerja keras untuk mengejar ketertinggalan capaian vaksinasi di Kabupaten Situbondo. Hari ini, penyuntikan vaksin Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Panarukan ada tiga tempat, di antaranya vaksin di Desa Duwet, Pasar Kilensari dan di Puskesmas Panarukan,” jelas dr. Imam Hariyono.

Ia menjelaskan target harian vaksinasi di wilayah kerja Puskesmas Panarukan paling sedikit 500 hingga 700 orang harus tervaksin.

“Capaian vaksinasi yang di minta bapak Bupati Situbondo per hari harus 2.000 orang tervaksin. Namun, kemampuan tim vaksinator Puskesmas Panarukan baru bisa tembus berkisar 700 orang per hari. Hal ini, disebabkan tenaga vaksinator terbatas, sehingga target 2000 orang per hari harus di vaksin belum bisa terpenuhi,” jelasnya.

Namun demikian, sambung dokter Imam, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak Polsek, Koramil dan pihak-pihak lainnya untuk bekerja keras memenuhi capaian target vaksinasi di wilayah kerja Puskesmas Panarukan.

“Saat ini antusiasme masyarakat untuk vaksinasi Covid-19 sangat tinggi. Kita tinggal menyiapkan tenaga vaksinator dan ketersedian vaksin Covid-19 juga harus diperhatikan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dr Imam mengatakan bahwa, pihak Puskesmas, Polsek dan Koramil Panarukan serta pihak Kecamatan Panarukan akan terus mengejar ketertinggalan capaian vaksinasi Covid-19 ini, dengan cara humanis dalam mencari masyarakat yang mau divaksin.

“Alhamdulillah, di wilayah kerja Puskesmas Panarukan saat ini, sudah ada peningkatan jumlah masyarakat yang mau di vaksin,” pungkasnya. (her/och)