Share

SITUBONDO – Utusan tim dari kedutaan Amerika Serikat (AS) melakukan survey ke pelabuahan Panarukan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (7/7)

“Kedatangan Kapal Detasemen AS yang rencananya akan bersandar di perairan Panarukan, pihak pelabuhan akan mempersiapkan segala fasilitasnya baik dari jalur pelayarannya dan dermaganya, termasuk fasilitas lainnya. Namun pihak pelabuhan masih menunggu intruksi melalui surat formal  dari  kedutaan AS,” ujar Eka Cakrawala, Kepala Pelabuhan Panarukan, Situbondo.

Dalam lawatan singkatnya di pelabuhan Panarukan, Tim Survey didampingi Kepala Pelabuhan dan jajaran Polri, Polairut, serta TNI,  Kedutaan, Debbie D Fasano selaku Resident  Agent In Charge, dan  U.S Naval Criminia Investigative Service – LCDR Francisco Cahaves Phisical Security Specialist STAAT Singapore  Detachemnt bersama penerjemah, Yooko Yoke FSN –I-Security Specialist-Protection Datachment kedutaan AS.

 

Baca Juga : 164 Perusahaan di Bondowoso Tunggak BPJS

 

Eka Cakrawala berharap dengan kedatangan tim survey, sepakat untuk menjadi tempat bersandarnya kapal – kapal dari Detasemen AS yang rencananya akan membawa kurang lebih 360 personil detasemen. Menurutnya, akan sangat bermanfaat sekali jika nanatinya ada kesepakatan formal.

Lebih jauh, tim survey dubes Amerika Serikat ini berencana akan mengunjungi serta menyurvey beberapa Pelabuhan di Jawa Timur. Tiga di antaranya yang menjadi prioritas yakni , Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Pelabuhan Panarukan Situbondo, Serta Tanjung wangi Banyuwangi, Jawa Timur.

Rombongan kedutaan turun ke pelabuhan beserta Jajaran Polri, Polairut juga TNI Situbonndo,dengan berjalan kaki di sepanjnag dermaga, melihat portensi pelabuhan. Beberapa menit kemudian, rombongan langsung kembali ke kantor pelabuhan. (yud)