Share


BONDOWOSO – Kecamatan Grujugan berhasil meraih juara Umum dalam Festival Ternak Poncogati 2018. Keberhasilannya ini tak lepas dari kemenangan dua sapi unggulannya yang menyabet sebagai juara satu di dua kategori yakni calon kareman dan kareman.

Ahmad Fahrur Rozi, Insiminator Kecamatan Grujugan, menerangkan, sapi-sapi yang berhasil menyabet juara itu diantaranya juara pertama dalam kategori calon karema memiliki lingkar dada 245 cm, Panjang badan dua meter dan bobotnya 945 kg. Sedangkan, juara satu dalam kategori kareman memiliki bobot 1.165 kg.

“Ini pertama kali spai kami dpat juara, tahun kemarin sapi ini ndak ikut kontes karena sapinya masih kurang bobotnya. Sedangkan yang P1 itu bobotnya itu itu masih nol tapi sudah 645 kilogram,”urainya.

Menurutnya, sapi-sapi super jumbo ini mengkonsumsi makanan yang sebenarnya tak jauh beda dari sapi pada umumnya, yakni ampas tahu, dedak, dan rumput. Hanya saja, pemeliharaanya dibedakan dengan sapi yang lain.
“Kalau pakannya sama, cuma pakan tambahannya kayak konsntratnya yang beda,”tambahnya.

Adapun populasi sapi di Kecamatan Grujugan mencapai sekitar 8.300an, dan 60 persen diantaranya merupakan sapi betina.(och)