Share

BONDOWOSO – Perkembangan dunia tenaga kerja di Indonesia mengalami perubahan segmen. Kondisi itu membutuhkan sinergi semua lini dan perlu mendapatkan keseriusan khususnya keterhubungan antara pendidikan dengan dunia kerja.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dalam seminar nasional ketenagakerjaan di aula Ijen View, Bondowoso, Jumat (2/6/2017).

“Di Indonesia jarang sekali ada istilah penutupan jurusan, yang ada penambahan jurusan. Padahal jurusan yang ada sudah tidak mempunyai lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Dia menyontohkan, ke depan banyak pekerjaan yang selama ini dikerjakan oleh manusia, tapi sekarang berpindah ke tekhnologi. Misalnya di Singapura sopir taksi sudah diganti oleh robot. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri.

Sehingga harapannya ke depan pasar kerja aktif perlu dibuat dengan menyeimbangkan antara demain dan suplai. Hal ini perlu mendapatkan perhatian pemerintah daerah untuk mulai merubah arah kebijakan ketenagakerjaan di masa yang akan datang dengan mengakselerasikan antara perkebangan science dengan pertumbuhan SDM. (mh/esb)