JEMBER – Berbagai upaya dilakukan dalam pengawalan kegiatan proyek desa yang pendanaanya bersumber dari APBN. Seperti yang dilakukan Muspika dan Pendamping Desa Kacamatan Rambipuji yang melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan DD tahap pertama Desa se Kecamatan Rambipuji, Rabu (30/08).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka melihat hasil pekerjaan yang sudah mencapai 60 persen tersebut terlaksana dengan baik.

Menurut Purwoadi Camat Rambipuji, kegiatan yang dilakukan ini bentuknya selain pembinaan terhadap Desa juga lakukan perbaikan. Mulai dari administrasi yang ada di Desa hingga pekerjaan proyek Dana Desa.

“Monitoring dan evaluasi ini sengaja kita lakukan bersama Pendamping terhadap desa-desa untuk melihat beberapa hasil dari pekerjaan telah terealisasi atau tidak,” ucap Camat Rambipuji.

 

Baca Juga : Jelang Idul Adha, Dispernakan Bondowoso Sidak Enam Titik Penjual Qurban

 

Purwoadi menjelaskan, selain monitoring bersama pendamping,  juga diberikan pembinaan langsung terhadap Desa agar aturan-aturan yang ada betul-betul di perhatikan. “Desa wajib mmengikuti regulasi yang ada agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak sampai terjadi di desa-desa, khususnya kecamatan Rambipuji ini,” imbuhnya.

Bersama Muspika di Rambipuji, dia menginginkan perbaikan dan terus ditingkatkannya kapasitas kerja di desa. Mulai dari administrasi hingga pekerjaan proyek di lapangan menjadi lebih baik. Dia juga berharap kepada Pendamping Desa untuk terus melakukan fasilitasi di Desa,  demi terwujudnya sebuah desa yang maju dan mandiri.

Sementara ini, desa yang sudah dilakukan monitoring dan evaluasi kegiatannya adalah desa Rambigundam dan desa Gugut. “Alhamdulillah dari hasil monev kita, kegiatan yang ada di Rambigundam dan Gugut sudah terlaksana dengan baik,  sekalipun masih ada sedikit yang perlu adanya perbaikan seperti RAB desain dan perhitungan RAB sendiri,” pungkasnya. (mam)