Share

BONDOWOSO – Selama libur lebaran 2018, kunjungan wisatawan ke tempat-tempat wisata di Bondowoso mengalami peningkatan tajam. Salah satunya yang menjadi primadona adalah Kawah Ijen. Destinasi yang terkenal dengan blue fire-nya itu menjadi destinasi wisata paling favorit pada libur lebaran tahun ini.

Dari data yang didapat dari Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, selama hari libur mulai dari tanggal 10 hingga 20 Juli, jumlah pengunjung Kawah Ijen mencapai 7,816 orang. Terdiri dari 4.987 wisatawan nusantara dan 2.829 wisatawan mancanegara.

“Yang menjadi primadona adalah wisata Kawah Ijen diurutan pertama. Kemudian ada kawah wurung,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Bondowoso, Drs. Harry Patriantono.

Harry menambahkan, sebelum liburan panjang lebaran 2018 tiba, Disparpora terlebih dahulu telah melakukan berbagai macam persiapan. Salah satunya dengan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh organisasi kepariwisataan. Seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Pengelola Wisata, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) hingga duta wisata.

“Kesiapan kita menjelang liburan lebaran yaitu dengan melakukan rapat berkoordinasi dengan Pokdarwis hingga duta wisata,” tukas Harry. (abr)