BONDOWOSO – Kepala Dinas PUPR, Drs. H. Karna Suswandi jberkomitmen akan terus memberdayakan HIPPA yang ada di Bondowoso serta meningkatkan ketahanan pangan dan membangun sistem irigasi yang handal denganmengutamakan peran masyarakat petani. Karena tidak dapat dipungkiri, petani merupakan ujung tombak irigasi partisipatif dalam keseluruhan tahapannya.

“Kami akan terus berkomitmen memberdayakan HIPPA yang ada di Bondowoso. Karena petani menjadi ujung tombak irigasi partisipatif, mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, operasi, pemeliharan, sampai dengan rehabilitasi. Keberhasilan HIPPA Sido Makmur meraih prestasi menjadi bukti nyata kami bersama mereka dan semoga menjadi penyemangat bagi yang lain,” tambahnya.

Untuk itu, Karna Suswandi berharap para petani tetap bersemangat dalam menjaga keberlanjutan pengelolaan jaringan irigasi tersier yang menjadi tanggung jawabnya. Pihaknya juga akan terus berupaya mendorong peningkatan produksi padi. Namun, hal itu tidak lepas dari fungsi prasarana irigasi baik dari segi kuantitas, kualitas maupun fungsinya yang harus ditingkatkan. Salah satunya adalah membangun sistem irigasi yang handal.

Baca Juga : HIPPA Sido Makmur Raih Prestasi Tertinggi, Ini Perjalanannya!

“Kami perlu membangun system irigasi yang handal dengan melibatkan HIPPA sebagai organisasi pengelola jaringan irigasi di tingkat desa. Semua ini sudah jelas terbukti dengan raihan berbagai prestasi selama ini dan semoga terus istoqomah serta lebih baik,” sambungnya.

HIPPA Sido Makmur, dijelaskan Karna Suswandi, merupakan salah satu HIPPA yang mendapatkan pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas PUPR. Penghargaan yang diraihnya saat ini tentu melalui proses yang panjang dan penuh rintangan. Bermula pada tahun 2014 lalu, HIPPA Sido Makmur mendapatkan predikat pemenang Pertama HIPPA berprestasi  tingkat  Kabupaten Bondowoso.

“Selanjutnya, kami terus melakukan pembinaan dengan kerja keras yang kreatif dan inovatif sehingga membuat HIPPA Sido Makmur menjadi juara I tingkat  Bakorwil Malang.Alhamdulilah, setelah menjadi juara 1 tingkat Bakorwil Malang, HIPPA Sido Makmur menjadi juara pertama tingkat Provinsi yang akhirnya menjadi juara tingkat Nasional,” pungkasnya. (ron)