Share

BONDOWOSO – Jika berlibur ke Kecamatan Ijen, jangan lupa mampir ke objek wisata Niagara Blawan.

Tak hanya dimanjakan dengan indahnya air terjun Niagara mini, yang disebut-sebut sebagai little Niagara di Bondowoso.

Anda juga akan diajak untuk mengikat cinta sejati bersama kekasih di spot gembok cinta. Layaknya, wisata gembok cinta di jembatan di Paris.

Gembok cinta di air terjun Niagara Blawan ini, juga berada di atas jembatan warna warni yang membentang di depan air terjun.

Tepat di tengah jembatan, terdapat love ring yang cukup besar. Bisa menjadi spot foto menarik.

Setiap pasangan bisa memasang gembok cinta yang kemudian berisi nama sepasang kekasih. Sementara kuncinya, nanti bisa dilempar ke aliran air terjun.

Pemasangan gembok cinta, selama ini banyak yang menyebut menjadi simbol atau lambang cinta abadi di kanan kiri jembatan.

Pemasangan gembok cinta sendiri merupakan sebuah kebiasaan unik yang banyak bermunculan di Eropa dan Asia sejak tahun 2000-an.

Beragam macam mitos mulai dari cinta sejati hingga hubungan yang akan langgeng jika menaruh gembok cinta.

Bagi pasangan yang hendak ingin menikmati spot ini, hanya cukup datang ke Niagara Blawan di Kecamatan Ijen. Kemudian, gembok pasangan bisa dibeli di tempat destinasi wisata tersebut.

Pengelola objek wisata Niagara Blawan, juga menawarkan spot foto yang menarik. Yakni, saung kerucut yang terbuat dari ban mobil dengan latar air terjun.

Spot foto ini bisa menjadi tempat makan romantis berdua dengan pasangan.

Baca Juga : Tancap Gas Sambut Asesor UGG, Pekan Ini Bondowoso Akan Aspal Jalan di Objek Wisata Ijen

Keberadaan gembok cinta dan sensasi makan di atas tumpukan ban berbentuk kerucut ini menjadi spot baru yang baru saja dilaunching oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat bersama PTPN XII Ijen, Kamis (12/5/2022).

Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora), Moelyadi, mengatakan, bertambahnya sejumlah spot baru yang ditawarkan di air terjun Niagara Blawan ini tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Terlebih, tradisi gembok cinta memang lekat di mata travellers yang berpasangan.

“Saya optimis dengan adanya spot baru ini bisa meningkatkan kunjungan wisata. Sebelum itu direnovasi saja sudah ramai. Apalagi sekarang,” ujarnya.

Penambahan spot baru wisata ini, kata Moelyadi, murni dibiayai sendiri oleh PTPN XII Ijen. Adapun, pihaknya ke depan akan membantu mempromosikan dan, memperbaiki akses jalan menuju lokasi objek wisata.

Lebih-lebih adanya pengusulan Ije Geopark terhadap sejumlah objek wisata Ijen. Membuat, perbaikan akses infrastruktur pun menjadi hal utama.

“Kita bantu promosi, infrastruktur jalannya kan rusak, InsyaAllah minggu depan ini kita garap,” pungkasnya.(och)