Share

SITUBONDO – Samsudin, warga Dusun Bataan, Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo, ditemukan tewas dalam posisi tengkurap di akar pohon mangrove yang ada di muara sungai, Dusun Somangkaan, Desa Kilensari, Sabtu (21/5/2023). Kakek 80 tahun tersebut sebelumnya pamit untuk mencari kerang di muara sungai tersebut.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Situbondo, Puriyono mengatakan, korban ditemukan sekitar pukul 04.30 WIB. “Pada hari Jumat 20 Januari 2023 sekira pukul 14.00 WIB, korban berangkat mencari kerang di area sungai muara pinggir tambak milik Bu Titik Deski,” ujarnya.

Puriyono melanjutkan, berdasarkan keterangan dari pihak keluarga biasanya Samsudin selesai mencari kerang sekira pukul 17.00 WIB. Namun hingga pukul 18.00 WIB korban tidak kunjung pulang.

“Sehingga pihak keluarga berupaya melakukan pencarian di sekitar tambak milik ibu Titik Deski. Namun tidak berhasil menemukan keberadaan korban. Kemudian pihak keluarga melaporkan perihal kejadian tersebut ke pihak Desa Kilensari dan Polsek Panarukan,” tambahnya.

Baca Juga : Inovasi Tajhin Karak Milik Dinas Pendidikan Bondowoso Dilirik Provinsi

Menerima informasi tersebut, petugas gabungan dan warga setempat langsung melakukan pencarian terhadap korban sekitar pukul pukul 21.15 WIB. “Kami hanya menemukan sepasang sandal jepit milik pak Samsudin. Karena kondisi sudah mulai gelap dan air laut mulai pasang, sehingga untuk sementara waktu pencarian dihentikan,” tegas Puriyono.

Lebih lanjut, sekitar pukul 01.00 WIB, warga kembali melakukan pencarian di radius satu kilometer dari tempat ditemukannya sandal korban. “Alhamdulillah sekitar pukul 04.30 WIB, salah seorang warga yang bernama Hariyanto menemukan korban dalam posisi tengkurap di akar pohon mangrove dalam keadaan meninggal dunia,” ucap Koordinator Pusdalops.

Jenazah korban kemudian langsung di bawa ke rumah duka untuk dilakukan proses pemakaman. “Untuk penyebab kematian korban masih belum diketahui,” tutup Puriyono. (Ozi)