Share

BONDOWOSO – Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Negeri Bondowoso memberikan sosialisasi kepada Kepala Desa Se-Kabupaten Bondowoso di kantor setempat, Kamis (24/8/2017).

Sosialisasi dana desa tersebut dilakukan secara serentak berskala Nasional atas instruksi Jaksa Agung. Sosialisasi tersebut diberikan agar Kepala Desa mengetahui secara utuh dalam penggunaan dana Desa yang tepat sasaran sesuai dengan regulasi perundang-undangan.

Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso, Taufiq Hidayat mengimbau kepada seluruh Kepala desa yang tersebar dalam 209 Desa agar memperhatikan betul aturan main dalam mengalokasikan dana desa. Dalam penerapannya, Ia menegaskan bahwa dana desa harus tepat sasaran karena bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meratakan pembangunan di desa. Persoalannya masih ada yang kurang baik, diperbaiki pengawasan, penyaluran dan pemanfaatan penggunaannya.

 

Baca Juga : Perusahaan Arab Bidik 300 Hektar Lahan Kopi Robusta di Bondowoso

 

“Kepala desa dikumpulkan untuk diberikan sosialisasi penyerapan dana desa dan aturan-aturan yang perlu diketahui. Ini sangat perlu karena sejatinya dana desa tak lain untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Bondowoso, Taufiq Hidayat.

Karenanya dalam sosialisasi tersebut hadir pemateri dari inspektorat untuk memberikan pemahaman tentang sistem pengelolaan dana desa secara kompatibel.

Selaku salah satu instansi yang berwenang untuk pengawasi jalannya pemerintah Desa, dalam hal ini Inspektorat yang diwakili oleh Lilik Sukaryati, menyatakan agar Kepala Desa yang mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan desa bisa berkonsultasi langsung dengan pihak Inspektorat.

“Karena forum ini terbatas, silahkan pemerintah desa datang ke Inspektorat untuk berkonsultasi mengenai pengelolaan keuangan desa,” tukas Lilik. (abr)