SURABAYA – Insiden kecelakaan ambruknya girder proyek nasional jalan tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) yang terjadi pada Minggu (29/10), dipastikan ada unsur kelalaian. Demikian diungkapkan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera di Mapolda Jatim, tadi siang.

Frans Barung mengatakan, meski sudah memastikan adanya kelalaian, pihaknya belum bisa membeberkan secara detail terkait kelalaian tersebut. “Kami memastikan adanya unsur kelalaian. Tinggal menunggu buktikan saja,” katanya.

Dijelaskannya, banyak kejanggalan yang terjadi mulai dari human error, mekanisme error, faktor cuaca dan sebagainya. “Kelalaian itu pasti. Akan dibuktikan oleh penyidik melalui scientific identification dan second opinion yang ditemukan penyidik. Dan ditambah lagi dengan hasil uji laboratorium forensik polisi,” jelqsnya.

 

Baca Juga : Tol Paspro Siap Digunakan Lebaran Mendatang

 

Lebih lanjut dia menjelaskan, di dalam rangkaian penyidikan, ditambahkannya untuk mengurai bagaimana kelalaian dibuktikan oleh penyidik dalam menentukan tersangkanya.

“Sebab kecelakaan kerja ini mengakibatkan kematian seseorang. Apabila sudah ada kepastian kita akan mendapatkan tersangkanya,” pungkasnya. (sga)