Share

BONDOWOSO – Sebanyak 1.753 penghafal Al-Quran dari seluruh penjuru wilayah Bondowoso diwisuda oleh Sekda Hidayat, Kamis (30/11) di Ballroom Hotel Ijen View.

Penyelenggaraan Wisuda Hafizh dan Hafizah Qur’an tersebut sudah memasuki tahun ketiga dilaksanakan di tingkat Kabupaten Bondowoso. Bahkan jumlah penghafal Al Qur’an tahun ini meningkat hingga 500 lebih daripada tahun 2016 lalu yang jumlahnya 1.232.

Rasa suka cita dan bangga menyelimuti wajah Sekertaris Daerah Hidayat dan Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir menyaksikan ribuan Hafizh Hafizah lahir di Bondowoso Republik Kopi.  Bahkan, hingga tak kuasa Ketua DPRD Bondowoso meneteskan air mata saat menyampaikan sambutan.

Ahmad Dhafir mengharapkan agar ke depan pemerintah kabupaten bisa menfasilitasi para Hafiz atau Hafizah untuk meningkatkan kemampuannya dan jumlah bacaan Al Qur’annya. Sehingga visi dan misi Bondowoso, yakni menciptakan manusia beriman, berdaya dan bermartabat akan segera terwujud.

Baca Juga : Dinas PUPR Bondowoso Segera Bebaskan Lahan Pembangunan Jalan Lingkar

“Pemkab, Kecamatan dan desa setidak-tidaknya bisa memfasilitasi penghafal Alqur’an atau setidak-setidaknya setiap hari Sabtu atau Minggu ada acara khusus untuk mengumpulkan paa penghafal Al Qur’an  sehingga di tempat fasilitas pemerintah selalu mendapat nur Al Qur’an,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Hidayat, mewakili Bupati Amin Said Husni, dengan mewisuda ribuan penghafal Al Qur’an ini merupakan upaya mempersiapkan generasi emas Al-Quran untuk pembangunan Bondowoso selanjutnya.

“Sehingga tercipta masyarakat religius yang sesuai dengan Visi Bondowoso, yaitu teruwujudnya masayrakat yang beriman, berdaya dan bermartabat.,” jelasnya.

Ia pun menyampaikan apresiasinya yang tinggi kepada seluruh guru ngaji yang dengan ikhlas mentransfers ilmunya. Sehingga, ribuan genarasi Bondowoso menjadi Hafidz dan Hafidzah.

“Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi guru ngaji yang ikhlas mentransfer ilmunya kepada para santri. Semoga para santri bisa trus meningkatkan kualitas dan jumlah bacaan Al Qur’an. Ingat jangan hanya hafal juz 30 tapi hafalkan 30 juz,” ujarnya.

Sementara itu data dihimpun, bahwa dari total 1.753 orang penghafal Al Qur’an itu dibagi kedalam empat paket. Di antaranya, Paket I (Hafid atau Hafidzah yang hafal Juz 30) berjumlah 891. Kemudian Paket II (Hafal Juz 1 – 3) sebanyak 75 orang, Paket ke III ( Hafal surat Yasin, Ar Rahman, dan Waqiah) ada 451, dan paket IV (Hafal surat Al Kahfi dan Ay Yub) sebanyak 37 orang, dan sisanya merupakan peserta yang mengikuti paket lainnya. (och)