Situbondo
-Prestasi membanggakan ditorehkan para atlet anggar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Situbondo. Dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) anggar Jakarta Open Fencing Festival (JOFF) Tahun 2017 yang dilaksanakan selama dua hari di Jakarta, mereka memborong enam medali.

Secara rinci, tim ini meraih 1 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu  dalam Kejurnas yang berlangsung di Neo Square Mangga dua WTC Mall Jakarta Utara.

Para atlet berprestasi tersebut di antaranya Darin Naurah Aljufrie, peraih medali emas dalam kelas epee kadet putri. Jihan Bahitah Farros, meraih medali perak kelas epee kadet putri.

Selanjutnya Gusti Rahmi Widyaningrum peraih medali perunggu kelas epee kadet putri dan Dhianita Ananda Putri memperoleh medali perunggu kelas epee kadet putri. Selain itu ada juga Okky Enggar Pangestu dan Muhammad Thoriq yang juga meraih perunggu.

Pelatih anggar SFT Situbondo Zicho Afria Nugraha mengatakan, keberhasilan para atletnya itu merupakan hasil kerja keras dan disiplin latihan.

”Dua bulan  menjelang Kejurnas Anggar JOFF Tahun 2017 di Jakarta Utara tersebut, kami melakukan pemusatan latihan terhadap para atlet anggar SFT Situbondo,” kata mantan atlet anggar Nasional asal Situbondo yang pernah mewakili Indonesia pada Sea Games di  Vietnam Tahun 2011 lalu.

Menurutnya, selain melakukan persiapan khusus melalui  pemusatan latihan selama dua bulan, pihaknya menyeleksi para atlet yang akan dikirim dalam Kejurnas JOFF  Jakarta tersebut.

”Kami juga melakukan ranking dan VO2 max di setiap latihan selam dua pemusatan latihan di Situbondo. Itu dilakukan untuk mengetahui skill dan ketahanan fisik masing-masing atlit anggar SFT Situbondo,” imbuh  Zicho.

Sementara itu, ketua Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Situbondo Reno Widigdyo SH  mengatakan, sangat mengapresiasi kepada para atlit anggar SFT Situbondo  yang mampu  memborong enam medali dalam Kejurnas anggar di Jakarta tersebut.

”Saya berharap para atlet anggar Situbondo terus berjuang dalam  menggapai prestasi yang lebih baik. Selain itu apa yang dicapai  para atlet anggar Ikasi Situbondo ini diharapkan  dapat menjadi contoh bagi para atlet dari semua cabang olahraga di Kabupaten Situbondo,” pungkas Reno. (yud/esb)