Share
Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Mohammad Iqbal.

Surabaya – Menjelang Ramadhan, Polrestabes Surabaya akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan, sesuai instruksi Jenderal Tito Karnavian Kapolri. Satgas Pangan ini akan bertugas memantau dan menindak pelanggar alur distribusi ataupun harga pangan menjelang dan selama ramadhan yang ada di wilayah hukum Polrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal mengatakan saat ini satgas tersebut dalam proses pemilihan komposisi. Polrestabes Surabaya menerjukan beberapa satuan yakni Satreskrim, Satintelkam, Satbinmas dan Satsabhara.

“Tapi tim dari kami sudah bergerak ke lapangan mulai saat ini,Agar harga pangan tetap stabil menjelang bulan Ramadan hingga Idul Fitri,” katanya di Mapolrestabes Surabaya tadi siang.

Diungkapkannya, komposisi ini juga akan melibatkan berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya. Baik dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pertanian serta Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BB POM) Kota Surabaya.

“Kami akan tunjuk Kasatreskrim untuk menjadi koordinator Satgas ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, saat ini Satgas sedang melakukan pemetaan untuk mengetahui kantong-kantong pedagang yang ditengarai kerap melakukan kenaikan harga seenaknya. Pelanggaran yang akan ditindak, terutama adalah perilaku penimbunan barang pangan oleh pedagang maupun grosir.

“Jangan coba-coba menaikkan harga pangan seenaknya. Apalagi membuat barang pangan menjadi langka dengan cara menimbun.Jika kami temukan itu di lapangan, pasti akan kami tindak sesuai aturan hukum yang berlaku,” pungkasnya. (sga)