BONDOWOSO – Suhartono, Kepala Bidang Usaha dan Perdagangan, Diskoperindag, menyatakan, harga dan stok sembilan bahan pokok (Sembako) hingga menjelang bulan puasa Ramadan di kabupaten ini dipastikan masih stabil. Artinya hingga bulan Ramadan stok Sembako akan tetap ada dan mencukupi di daerah ini, hingga tidak mungkin harganya akan melambung.

Ia pun menerangkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bulog, dan diperkirakan hingga akhir lebaran Idul Adha stok pangan terjamin masih cukup.

“Untuk harga sampai saat ini tidak banyak mengalami fluktuatif,” urainya pada Memo Indonesia.

Untuk memastikan harga Sembako tetap stabil menjelang Ramadan sampai Hari Raya Idul Fitri, Disperindag dan pihak Bulog akan menjaga ketersediaan dan kestabilan bahan pokok tersebut lebih intensif ke lapangan. Termasuk juga akan dilakukan operasi pasar di seluruh pasar daerah di Bondowoso. Namun, untuk jadwal titik-titiknya yang berdekatan dengan musim tanam masih akan dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan Bulog.

Dalam operasi pasar ini, rencananya akan menjual komoditi minyak, gula, tepung dan beras. Dipilihnya empat komoditi ini karena yang paling banyak dikonsumsi masyarakat.

 

Baca Juga : Senyum Media Dilalap Si Jago Merah

 

“Kalau beras nanti kita beri informasi titiknya dan termasuk jumlah stok yang akan digelontorkan,” urainya.

Jelang Ramadan ini, Suharto pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu memborong  kebutuhan yang berlebihan, karena stoknya di pasar masih tersedia. Di samping itu penting juga untuk melihat tanggal kadaluarsa, dan petunjuk kemasannya agar tidak terkecoh dengan produk-produk yang tidak bertanggung jawab.

Sementara itu, pada 25 April 2018 lalu, Adhekan, Kepala Bulog Sub Divre Bondowoso-Situbondo, mengatakan, bahwa stok beras masih aman bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan selama enam bulan ke depan.

“Bahwa Bulog saat ini benar-benar siap dengan komoditinya yang melimpah. Mulai dari beras medium, premium, gula, tepung, minyak goreng,” jelasnya.

Pantauan di Pasar Induk Bondowoso, harga sejumlah bahan di Bondowoso amasih tergolong masih stabil. Kecuali harga daging ayam yang dalam tiga hari terkahir sejak 12 April 2018 naik Rp 2ribu menjadi Rp 34ribu. (och)