BONDOWOSO – Puluhan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) ikuti lomba PBB yang diselenggarakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bondowoso. Lomba sendiri dipusatkan di halaman depan Pemda Bondowoso selama tiga hari mulai Rabu (8/11). Selain PBB, setiap peserta juga akan dinilai kemampuannya dalam senam tongkat, serta tes tulis terkait pengetahuan pengamanan.

Kasatpol PP Bondowoso, Aries Agung Sungkowo menjelaskan, sebenarnya lomba ini dilaksanakan untuk mempersiapkan trainer linmas di setiap kecamatan. Sehingga, setiap peserta ke depannya bisa mentransfer pengetahuan yang di dapat ekepada seluruh linmas lainnya di masing-masing desa. Terlebih, saat ini keberadaan Linmas sangat dibutuhkan.

“Diharapkan anti bisa jadi narasumber bagi linmas lain yang ada di kecamatnnya masing-masing. Harapan kita mereka menimba ilmu di Pemkab, kemudian mentransfer pengetahuan pada Linmas lainnya,” paparnya.

Lebih jauh Ia menjelaskan, bahwa lomba ini juga sekaligus untuk mempersiapkan petugas kemanan di setiap desa menjelang pelaksaan PILKADA, dan Pilkades serentak pada 29 November 2017.

 

Baca Juga : Satpol PP Mulai Tertibkan PKL Alun-alun Bondowoso

 

“Yang kita minta kepada camat agar mengirim petugas Linmas yang usianya di bawah 40 tahun. Karena selama ini melihat Linmas di desa atau di kecamatan itu di kegiatan Pilkades, biasanya sepuh-sepuh. Dan mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan,” paparnya.

Ada pun jumlah Linmas di seluruh Kabupaten mencapai 5.662 orang.

Seperti diketahui, 20 desa dari 10 kecamatan akan menggelar Pilkades serentak pada 29 November 2017 mendatang. Ada pun desa-desa tersebut di antaranya, Sumber Kalong, Jatisari, Banyuwuluh, Sumbersuko, Penambangan, Poncogati Locare, Tegal Mijin, Pekalongan, dan Kerang.

Kemudian, juga ada Gayam, Gayam Lor, Penang, Tegal Pasir, Patemon, Ardisaeng, Sukowono Mangli, Cindogo dan Mrawan. (och)