BONDOWOSO – Sepekan terakhir menjelang lebaran harga daging ayam di Pasar Induk Bondowoso meroket hingga tembus Rp 60ribu – Rp 65ribu per kilogram. Kenaikan ini meningkat hingga 50 persen dari harga sebelumnya yakni sekitar Rp 35 ribu per kilogram.

Menurut Bu Sudiarto, salah seorang pedagang daging ayam di Pasar Induk Bondowoso, kenaikan harga daging ayam ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan yang tidak diimbangi dengan pasokan daging yang memadai. Bahkan, karena sedikitnya daging ayam di para tengkulak, setiap penjual daging ayam di Pasar Induk hanya diberi jatah sekitar 30 kg per hari.

“Kalau dulu sehari saya pesan satu kwintal, ini sudah empat hari begini,”urainya.

Daging ayam yang dijual para pedagang di pasar yang baru saja di tempati itu, kata Bu Sudiarto, selama ini dipasok oleh tengkulak ayam dari Koncer dan Pejaten. Harganya, sudah empat hari terakhir ini, dari tengkulak sekitar Rp 50ribu per kilogram.

“Biasanya sehari saya bisa jual 1 kwintal kalau hari-hari biasa. Pas Ramadan dan jelang lebaran Idul Fitri ini sehari bisa jual 3 kwintal. Tapi mau gimana lagi sekarang saya cuma dijatah 30kg sehari,”jelasnya.

Baca Juga : Hendak Tambal Ban, Api Sambar Tumpukan Gas LPJ

Sementara itu, Kapolres Bondowoso, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, saat melakukan patrol harga kebutuhan pokok di Pasar Induk, Senin (11/6), mengatakan, pihaknya akan menkoordinasikan kenaikan daging ayam yang melejit ini dengan Dinaskoperindag maupun tim Satgas Pangan lainya. Pasalnya,  menjelang lebaran yang sudah kurang beberapa hari ini, biasanya kebutuhan masayrakat akan  daging ayam akan meningkat.

“Tadi kata beberapa pedagang ini terjadi karena keterbatasan stok,”urainya.

Ia sendiri mengatakan masih belum bisa memastikan hal ini terjadi apakah karena ada unsur kesengajaan atau tidak. Namun, demikian pihaknya memastikan bahwa patroli harga kebutuhan pokok di seluruh pasar di Bondowoso.

“Kita belanja di supermarket aja harganya Rp 35ribu, Rp 40ribu, ini disini sampai Rp60ribu. Jangan sampai ada spekulan yang memanfaatkan situasi seperti ini. Apalagi tidak ada kejadian yang luar biasa terhadap ayam disini,”pungkasnya.

Pantauan di lapangan, harga daging sapi juga naik jadi Rp120ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 100ribu. Sedangkan, harga daging kambing yakni Rp 110ribu per kilogram. (och)