Share

BONDOWOSO – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serahkan beragam santunan kepada ratusan anak yatim dan abang becak serta 100 zakat produktif modal untuk pelaku usaha ultra mikro di Pendopo Kabupaten Bondowoso Sabtu, (30/4/2022).

Diketahui realisasi santunan kali ini merupakan bentuk kerja sama antara badan amil zakat nasional atau Baznas dengan Pemprov Jawa Timur di sejumlah daerah lingkup Jawa Timur termasuk Bondowoso.

Usai menyerahkan santunan secara simbolis Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap semoga bantuan kali ini dapat bermanfaat bagi masyarakat utamanya mendekati hari raya idul fitri saat ini.

“Kita mentasarrufkan zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro. Karena, jika mereka ingin berusaha, pas modalnya tidak ada akhirnya terpaksa pinjam ke rentenir,” katanya.

Baca Juga : Tinjau Pos Operasi Ketupat 2022, Begini Pesan Kapolres Bondowoso

Oleh karenanya, lanjut Khofifah, pihaknya bersama Bank BPR Jatim, berusaha memutus mata rantai rentenir dengan upaya pinjaman modal yang interest ratenya rendah.

Untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro maksimal bisa mengajukan pinjaman Rp. 10 Juta dengan interest rate per tahunnya 3% yang selisihnya disubsidi DPRD Jawa Timur.

“Semoga ini dapat terkonfirmasi. Sehingga masyarakat relatif lebih longgar dan terbantu,” harapnya.

Sementara Bupati Salwa Arifin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas suplai bantuan yang diterima oleh ratusan masyarakat di Bondowoso.

“Kedatangan ibu Gubernur dan bantuannya Ini merupakan kebanggaan bagi kami untuk Kabupaten Bondowoso. Tentunya diharapkan dengan bantuan santunan ini, bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Bondowoso,” pungkasnya.(och)