BONDOWOSO – Menjelang bulan Agustus atau yang familiar dengan sebutan agustusan, sejumlah penjual musiman bendera merah putih mulai bertebaran di tiap sudut jalan yang ada di wilayah Kabupaten Bondowoso.
Seperti yang ditemui wartawan Memo Indonesia, Senin (30/7), salah seorang penjual bendera bernama Ijon warga Bandung mengaku sudah sepekan ini berjualan bendera di depan kantor Koni Bondowoso.

“Setiap tahun berjualan bendera disini saya. Untuk barangnya saya ambil di bos saya di Bandung, biasanya yang paling dicari yaitu bendera merah putih yang panjang,” ungkap Ijon.

Ia mengaku, harga yang dibandrol untuk sebuah bendera bervariasi, yakni mulai dari yang termurah Rp 5ribu hingga Rp 300 ribu tergantung ukuran dan panjang bendera yang ingin dibeli.

“Kalau yang paling laku itu umbul-umbul, harganya Rp 50ribuan,” tutupnya.

Ia bersama teman-temannya itu mebuka lapak penjualan setiap harinya pada jam enam pagi hingga jam 17.00 WIB. Dalam sehari dirinya bisa menjual bendera hingga belasan. Walaupun sebenarnya, sepekan ini masih belum terlalu ramai, karena biasanya pembeli banyak berdatangan setiap awal bulan Agustus hingga menjelang hari kemerdekaan.

“Pasti naik untuk pendapatannya, apalagi kalau tanggal-tanggal 1 sampek 7 Agutus,”tutupnya.(och)