Share

SITUBONDO – Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak mengajak masyarakat Situbondo untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Ini disampaikannya saat berkunjung ke Kabupaten Situbondo dalam acara gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) yang diadakan di Kantor Kecamatan Kapongan, Selasa (25/5/2021).

Disebutnya, mengkonsumsi ikan secara rutin juga turut mencegah terjadinya stunting pada anak-anak.

Hal ini pun bisa menjadi upaya dalam menekan angka stunting di Kabupaten Situbondo yang masih tinggi.

“Protein yang baik, mudah dicerna serta mudah terurai didalam pencernaannya anak-anak salah satunya ikan. Untuk itu mari kita tingkatkan konsumsi ikan,” ujarnya.

Baca Juga : Rekrutmen CPNS 2021 Tak Dilaksanakan di Bondowoso, Begini Penjelasan Eksekutif

Istri Wakil Gubernur Jatim ini mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo dalam menurunkan angka stunting di Kota Santri.

Pada tahun 2019 angka stunting mencapai 26,74 persen. Namun di tahun 2021 mengalami penurunan yang signifikan menjadi 12 persen.

“Tentunya ini merupakan keberhasilan yang dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo, dalam waktu dua tahun angka stunting sudah tinggal separuh. Yakni 12 persen saja,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Forikan Kabupaten Situbondo, Juma’ati Karna Suswandi berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang telah memberi perhatian khusus terhadap angka stunting di Kota Santri.

Ia berharap, Pemprov Jatim bisa memberikan program-program yang berkaitan dengan stunting kepada Pemkab Situbondo.

“Terimakasih atas perhatian Pemprov Jatim. Kami berharap Ibu Arumi Bachsin bisa mengintervensi program-program di provinsi untuk Kabupaten Situbondo,” paparnya.

Tampak, Forikan Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan 200 paket makanan produk olahan ikan.

Terdiri dari satu paket olahan beku dan kering hasil perikanan, satu paket ikan bandeng terdiri dari dua jenis yaitu, olahan presto dan otak-otak.

Hadir dalam acara tersebut, Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur, Muhammad Gunawan Saleh, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, dan Kabag Humas Pemkab Situbondo, Agung Wintoro.(och)