Bondowoso – Pengelolaan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Kabupaten Bondowoso dijadikan role model bagi seluruh Kabupaten di Jawa Timur. Selain karena pernah menjadi Juara 1 Lomba Kepala UPTD Tingkat Nasional tahun 2015, juga karena banyaknya inovasi dalam pengelolaan irigasi di Bondowoso. Seperti contohnya, Pelaporan Irigasi melalui sms, dan Gema Pildasi.

Hal inilah yang membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Probolinggo melakuan studi banding ke Dinas PUPR Bondowoso, Rabu (22/3/2017).

Karna Suswandi, Kepala Dinas PUPR Bondowoso, mengatakan bahwa Kabupaten Probolinggo melakukan studi banding untuk mempersiapkan diri dalam lomba Kepala UPTD tahun 2017 tingkat Nasional mewakili Jawa Timur. Kabupaten Probolinggo berharap bisa mengikuti jejak kesuksesan PUPR Bondowoso dalam lomba serupa yang menjadi Juara tahun 2015 lalu.

Menurut Karna, tim studi banding bukan hanya mempelajari terkait realisasi pengelolaan irigasi di lapangan, namun juga mempelajari sistem administrasi irigasi di Bondowoso yg diklaim sangat akurat.

Sementara itu, Umar Syarif Kabid SDA Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo, mengatakan bahwa Bondowoso secara organisasi dalam pengelolaan Irigasi sangat bagus. Sehingga nanti segala kelebihan pengelolaannya akan di dipadukan dengan kelebihan dari Kabupaten Probolinggo. Sehingga betul-betul bisa didapat suati sistem yang bagus dan handal. Sehingga pengaturan air di Probolinggo bisa sefektif di Kabupaten Bondowoso. (och/esb)