BONDOWOSO – Investor asing asal Amerika Serikat bertandang ke Bondowoso, Rabu (4/4). Kehadiran investor asing tersebut merupakan bagian dari serangkai penjajakan terhadap berbagai potensi di Indonesia, utamanya di daerah Bondowoso, Probolinggo, Situbondo, hingga Singaraja sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi.

Hartadinata Harianto, Co-Chief Executive Officer of  Stern Resources Group, mengatakan pihaknya masih belum bisa menentukan akan berinvestasi ke bidang apa saja di Bondowoso. Namun demikian, dari pemaparan Bupati Amin Said Husni, pihaknya tertarik untuk mengembangkan kawasan Kawah Ijen. Alasannya, karena kawah Ijen merupakan salah satu destinasi yang sudah dikenal oleh dunia internasional. Sehingga, nantinya mudah untuk merealisasikan investasi perusahaan raksasa asal negeri Paman Sam itu.

“Di Ijen ya, karena Ijen sudah dikenal oleh dunia,” ujarnya.

Baca Juga : Kerjasama Kopi Dengan Buyer Arab, Bupati Amin Minta Libatkan Petani

Sementara itu, Carl Bolch III, selaku Co-Chief Executive Officer of SR Group, mengungkapkan, beberapa daerah yang dikunjunginya termasuk juga Bondowoso memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan. Pengembangan yang sangat penting seperti di bidang pertanian, real estate, serta pengembangan di bidang pariwisata.

“Kami melihat peluang besar untuk pertanian, real estat, kami melihat pengembangan kualitas yang cepat untuk pariwisata dan peluang tumbuh,” ujarnya dalam Bahasa Inggris.

Dinah Tanuhardja, Business Development Director, mendampingi kedua CEO tersebut, menguraikan investasi di bidang pariwisata bisa direalisasikan dengan pembangunan resort. Seperti mungkin di Ijen bisa diberi trail, monorail, atau outbond.

“Kita diundang ke Indonesia dengan Bapak Jokowi seperti untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Seperti di Ijen kalau kita bangun apa-apa akan melibatkan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Amin Said Husni dihadapan dua CEO of Stern Resources itu memaparkan sejumlah potensi di Bondowoso. Selain itu, Bupati Amin bersama CEO tersebut melakukan penandatangan MoU yang berisi tentang kesanggupan Pemerintah Daerah untuk menerima SR jika berinvestasi di Bondowoso.  (och)