JEMBER – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jember, Ir. Eko Heru Sunarso, MM, mengapresiasi kinerja Pendamping Desa, baik Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Ahli (PA) Kabupaten Jember. Hal ini disampaikannya saat membuka Rapat Koordinasi bersama di aula DPMD, Jumat (18/8).

Kadis DPMD yang akrab disapa Heru ini mengucapkan terimakasih kepada para pendamping atas kerjasamanya dalam pendampingan desa, utamanya dalam kegiatan perencanaan pembangunan desa sehingga berjalan dengan baik dengan melibatkan masyarakat secara partisipatif.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih pada pendamping yang bergerak cepat menjalankan tupoksinya guna melakukan pendampingam terhadap program pembangunan desa. Meski ada beberapa hal dan desa yang perlu mendapat perhatian kerena bermasalah,” ujarnya.

Secara khusus, Heru juga mengapresiasi kinerja Camat Ajung, Drs. Slamet Wijoko, M. Si, dalam mengawal dan melakukan pemdampingan kepada tujuh desa bersama PD dan PLD agar pembangunan berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan, dalam setiap kegiatannya bersama PD dan PLD selalu dilaporkan berikut dilengkapi dengan foto.

“Saya juga menerima laporan dari Camat kalau PD dan PLD ada rapat rutin setiap minggu serta membuat laporan tertulis dilengkapi dengan foto kegiatan berikut berbagai kendala yang ditemui di lapangan,” tambahnya.

Bahkan, lanjut Heru, yang perlu dicontoh kecamatan lain adalah kesadaran para Kepala Desa di Kecamatan Ajung yang mengadakan kegaiatan mengundang pihak Kejaksaan Negeri, Inspektorat, DPMD dan lainnya. Kegiatan yang akan dilaksanakan Sabtu (19/8) di hotel Panorama ini perlu diapresiasi dalam rangka pelaksanaan pembangunan desa agar sesuai dengan aturan sebagaimana diamanahkan dalam UU Desa No 6 tahun 2014.

“Sangat bagus dan perlu dicontoh kecamatan lain agar melibatkan pihak kejaksaan dalam rangka mengawal dana desa agar dijauhkan dari persoalan dan menghindari terjadinya penyimpangan,” tambahnya.

Secara terpisah Camat Ajung, Drs. Slamet Wijoko, M. Si saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya rutin melakukan rapat bersama PD dan PLD setian hari Jumat. PD dan PLD juga diwajibkan membuat laporan mingguan dilengkapi dengan foto kegiatan. Bahkan, dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan DD tahap satu di tiga desa, Wirowongso, Klompangan dan Mangaran, pihaknya juga bersama PD dan PLD.

“Selanjutnya, rapat rutin akan dilaksanakam setiap hari Senin dan pendamping juga wajib ikut apel pagi bersama staf Kecamatan Ajung. Rapat rutin ini kita laksanakan dalam rangka melakukan evaluasi satu minggu sebelumnya dan melakukan perencanaan apa yang akan dilaksanakan satu minggu ke depan,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Slamet, melihat prioritas pembangunan sudah sesuai dengan keinginan masyarakat. Pihaknya bersama PD dan PLD akan terus mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan, agar dana desa benar-benar tepat guna. Pihaknya juga melakukan peningkatan kapasitas terhadap perangkat desa yang terkait secara langsung dengan pelaksanaan pembangunan desa.

“Acaranya besok di Hotel Panorama dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa dan operator. Keberadaan tenaga pendamping desa cukup membantu. Apalagi perannya dalam rangka pendampingan dan mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan. Ini harus ditingkatkan dan maksimal,” pungkasnya. (ron)