Share

BONDOWOSO – Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso Sugiyono Eksantoso berhasil membawa salah satu inovasinya, Tajhin Karak, menjadi juara dalam lomba perangkat inovasi daerah (OPD) tingkat Kabupaten Bondowoso tahun 2022.

Tajhin Karah merupakan akronim dari Literasi Mengaji Al Qur’an, Tingkatkan Karakter dan Akhlak. Tajhin Karak berhasil menyisihkan 100 inovasi lainnya dari seluruh OPD.

Realisasi inovasi Tajin Karah dilakukan dengan mengaji sebelum pelajaran dimulai pada tingkat KB, TK, SD hingga SMP dengan tujuan membentuk karakter dan akhlak para siswa dan siswi sejak dini.

Begitu pun yang juga non muslim, juga diminta membaca kitab suci agama masing-masing.

Dalam program ini murid juga meminta untuk menghafalkan Al-Quran juz 30.

Dengan pelaksanaan inovasi Tajhin Karak para siswa diharapkan membentuk etika amauoub akhlak siswa yang lebih baik.

Melihat perkembangan inovasi Tajhin Karak realisasinya semakin mapan di sekolah-sekolah di Bondowoso, Biro Administrasi Pimpinan Pemerintah Provinsi Jawa Timur turun ke Bondowoso untuk mempelajari program Tajhin Karak.

Prita Gizela Ekaputri, Staf Biro Administrasi Pemprov Jatim, mengapresiasi program Tajhin Karak lantaran selain bermanfaat untuk membentuk akhlak murid dengan mendalami kitab suci, diyakininya Tajhin Karak juga dapat menjadi jalan keluar agar siswa tidak mudah kecanduan Gadget.

“Ini merupakan hal yang sangat bagus, mengingat saat ini era digital, untuk mengantisipasi siswa siswi yang kecanduan Gadget. Sejauh ini saya belum menemukan inovasi yang sama di Kabupaten lain selain disini,” ungkapnya saat datang ke Kantor Dinas Pendidikan Bondowoso, Jumat (20/01/2023).

Prita menegaskan jika kedatangannya ke Bondowoso untuk meminta data serta menggali keterangan tentang program Tajhin Karak. Kemudian akan menyerahkan data program Tajhin Karak kepada Gubernur maupun Wakil Gubernur ketika sudah dibutuhkan.

“Tugas kami menyiapkan materi untuk Gubernur dan Wakil Gubernur. Makanya kita kumpulkan data-data di daerah agar ketika dibutuhkan sudah siap,” pungkasnya. (abr)