Share

BONDOWOSO – Semarak Bondowoso Ijen Festival sudah dimulai. Pengunjung yang datang ke Bondowoso akan dimanjakan dengan beragam kegiatan kelas dunia dalam Ijen Festival kali ini.

Seusai melepas ratusan peserta balap Bondowoso Road to Ijen, sebagai penanda dimulainya Ijen Festival tahun 2017, Bupati Amin Said Husni menyampaikan maksud dan tujuan Ijen Festifal 2017, Sabtu (22/04/2017).

Amin menyampaikan ada salah satu event yang dilaksanakan sudah berskala internasional, yaitu Ijen Trail Running tingkat Asia, yang kini sudah memasuki seri ketiga.

“Kegiatan rutin seperti International Ijen Trail Running ini merupakan seri ketiga yang berturut turut selama tiga tahun di kabupaten Bondowoso dan ini dilaksanakan sebagai bagian dari kalender Asia Trail Running, artinya ini sudah masuk kalender dunia dan selalu di ikuti oleh peserta kelas dunia.”

Tak hanya itu, Kabupaten yang mempunyai julukan “Republik Kopi” itu akan terus melaksanakan Festifal Kopi Nusantara sebagai ujung tombak promosi wisata Bondowoso.

“Kegiatan lain yang juga rutin diadakan seperti Festival Kopi Nusantara dan Jazz de Ijen akan tetap kita gelar sepenjang tahun ini kemudian akan menjadi daya tarik promosi wisata bondowoso,” paparnya.

Tak lupa, berbagai macam budaya asli bondowoso tak henti akan disuguhkan sepanjang pagelaran festival berlangsung sebagai upaya melestarikan budaya warisan nenek moyang. Berbagai pengembangan kreasi baru seperti tarian Blue fire juga terus digali.

“Kita selalu mengintegrasikan kegiatan-kegiatan itu dengan promosi budaya dan wisata seperti tari-tarian yang legendaris singo ulung, tari petik kopi dan kreasi baru tarian blue fire yang mengambil inspirasi blue fire di kawah ijen. Di samping itu masih ada banyak seperti ojung kemudian pojien dan lain-lain itu tetap kita integrasikan sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan objek wisata di kabupaten bondowoso,” pungkasnya. (abr/esb)