Share

SITUBONDO – Memperingati hari raya Idul Adha 1442 Hijrah, Polres Situbondo menyembelih tujuh ekor sapi dan sembilan ekor kambing di rumah pemotongan hewan (RPH), Selasa (20/7/2021).

Kapolres Situbondo, AKBP Imam Rifai mengatakan, pihaknya sengaja melakukan pemotongan di RPH agar tak terjadi kerumunan masyarakat di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali.

Di lain sisi pelaksanaan ini mengikuti surat edaran (SE) Kemenag nomor 15 tahun 2021.

Tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Penyelenggaraan Shalat Hari Raya Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/2021 M.

Baca Juga : Sandiaga Uno Berbagi Daging Qurban Lewat Al-Islah Bondowoso

“Mulai dari pemotongan hewan kurban dilakukan di RPH untuk menghindari kerumunan. Kemudian, nantinya pada waktu pembagian daging kurban akan disalurkan ke setiap rumah masyarakat yang terdampak PPKM Darurat Jawa dan Bali,” ujarnya.

Mantan Penyidik KPK ini mengungkapkan, semangat berkurban perlu ditingkatkan, khususnya dalam pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

“Di tengah situasi yang sulit saat ini, kepedulian untuk saling membantu kepada sesama sangatlah penting,” ucapnya.

“Yang terpenting dapat sama-sama merasakan kebahagiaan di hari raya ini. walaupun ditengah situasi Covid-19. Kita harus optimis pandemi ini segera berakhir dan masyarakat bisa hidup normal kembali,” pungkasnya. (Ozi)