BONDOWOSO – Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir melepas ratusan guru yang mengikuti Gerak Jalan Unik dalam rangka HUT PGRI di Kecamatan Wonosari, Sabtu (4/11).Dalam sambutannya, Ahmad Dhafir menyampaikan guru adalah profesi yang mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong pembangunan bangsa dalam mengisi kemerdekaan.

Guru dengan segala kemampuannya dan daya upayanya mempersiapkan pembelajaran bagi peserta didiknya. Sehingga tidak salah jika kita menempatkan guru sebagai salah satu kunci pembangunan bangsa menjadi bangsa yang maju dimasa yang akan datang. Dapat dibayangkan jika guru tidak menempatkan fungsi sebagaimana mestinya, bangsa dan negara ini akan tertinggal dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian waktu tidak terbendung lagi perkembangannya.

 

Baca Juga : Pilbup Bondowoso, Nasdem Usung Ahmad Dhafir

 

Selain itu, menurut Ketua DPRD tiga periode ini, guru memiliki peran besar dalam menyiapkan pemimpin masa depan. Maka, gurulah yang membentuk karakter calon pemimpin.

“Karena bukan hanya berfikir hari ini tapi kita harus mempersiapkan para pemimpin ini punya tanggung jawab. Hari ini kita harus mempersiapkan calon pemimpin masa depan. Ini kuncinya berada di para guru,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso Endang Hardiyanti, menjelaskan guru mengemban tugas mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Oleh karenanya, guru bukan hanya mendidik dan mentransfer ilmu-ilmu, angka-angka dan memberi nilai saja. Tapi, yang penting adalah bagaimana membangun karakter bangsa.

“Beriringan bersama antara kemampuan intelektual, spiritual, dan membangun karakter bangsa melalui guru,” pungkasnya. (och)