BONDOWOSO
–  Untuk bisa merenovasi secara menyeluruh Stadion Magenda diperlukan kembali suntikan anggaran kurang lebih senilai Rp 2.4 miliar. Sebelumnya Bondowoso telah menerima suntikan dana hibah dari Kemenpora sebesar Rp 2.5 miliar.

Spekulasi jumlah tersebut mengacu kepada perhitungan teknis PU Dispora yang disampai kan oleh Kadispora, Harry Prantiono, saat melakukan kunjungan bersama Muhammad Hanan Rahmadi, Asisten Deputi Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga dari Kementerian Pemuda dan Olahraga ke Wisma DPRD, Jumat (8/9).

Muhammad Hanan menyampaikan, Dana renovasi Stadion Magenda hanya meliputi saluran air, ruang ganti, kamar mandi, pondasi dan tribun beton.

“Dari Rp 2,5 milliar ada administrasinya, pajaknya masuk semua di sana jadi plus minusnya itu Rp 2,2 milliar. Semua kegiatan pembangunan dan pelelangan itu dilakukan oleh pusat, Kemenpora,” ungkapnya.

“Artinya belum dapat anggaran keramik tribun, kamar ganti dan atap tribun. Karena atapnya itu akan didesain kerangka baja. Jadi Rp 2,2 M itu tidak cukup untuk rehab tribun secara keseluruhan,” tambahnya.

 

Baca Juga : Hanya Dianggarkan Rp 2,5 M, Stadion Magenda Segera Direhab

 

Sementara Harry menyampaikan bahwa jika mengacu pada estimasi anggaran pembangunan tribun dari bawah hingga atap, berdasarkan perhitungan tim teknis, setidaknya diperlukan anggaran Rp 4,6 miliar.  Ke depan pihaknya tentu masih berharap ada bantuan lain Pemerintah pusat maupun Provinsi, karena APBD Bondowoso tidak mampu untuk melakukan rehap lanjutan tersebut.

“Kita berharap ada bantuan lagi entah dari pemerintah pusat maupun Provinsi,” harap Harry.

Sementara Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir berharap agar renovasi yang bakal berlangsung selama 85 hari pada Oktober mendatang agar tepat waktu. Karena renovasi Stadion kebanggan masyarakat Bondowoso itu benar-benar dinanti oleh masyarakat agar segera dapat digunakan.

“Meski nantinya bertahap untuk atapnya, saya berharap bisa selesai tepat waktu dan seauai harapan agar para pecinta olah raga terutamanya anak muda bisa segera mengunakanya dengan nyaman,” pungkas Dhafir. (abr)