BONDOWOSO – Ratusan hektar hutan milik perhutani di Desa Sempol Kecamatan Ijen musnah dilalap si jago merah. Menurut keterangan warga sekitar, Misnadar, warga desa Sempol, kebakaran terjadi Senin (18/9) sekitar pukul 13.00, dan baru berhasil dipadamkan pada 17.15 WIB.

“Kemungkinan sudah cuacanya kan sekarang sudah nggak hujan, ya kering dan gersang. Kalau pemicunya saya nggak tau. Kalau lahannya itu punya perhutani, ratusan yang terkena api, bahkan apinya juga sudah menghanguskan tempat penimbunan kayu punya perkebunan itu,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk melakukan pemadaman di beberapa titik api, warga Desa Sempol bersama perangkat Desa, Kepolisian, Danramil serta BPBD bahu membahu dengan menggunakan alat seadanya.

“Semua instansi sudah ikut memadamkan mulai dari kepolisian, perangkat desa, danramil, semuanya, termasuk warga juga. Alatnya seadanya, ada ember ya pakek ember,” jelasnya.

Kebakaran hutan dan lahan di desa Sempol juga mengakibatkan pencemaran udara karena munculnya kabut asap. Bahkan, menurut Misnandar, pihak rumah sakit juga sudah membagikan masker kepada warga sekitar.

“Ini rumah sakit sudah bagi-bagi masker. Maskernya yang dibagi ini jumlahnya mungkin seribuan sudah,” pungkas Misnandar. (och)