Share

BONDOWOSO – Sebuah pohon besar di sekitar pemakaman Raden Bagoes Asra (Ki Ringgo) di Sekarputih, Bondowoso terbakar, Rabu malam (14/6). Butuh sedikitnya lima unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk nenaklukkan si jago merah yang sedang melahap pohon besar di lokasi pemakaman pembabat Bondowoso itu. Berdasarkan informasi dari juru jaga makam bernama Nurhafid, api diperkirakan telah melahap pohon tersebut sejak jam 18.15 WIB. “Saya baru tau, saya tau setelah ada informasi dari warga sehabis berbuka tadi,” paparnya kepada Memo Indonesia.

Dari keterangan Nurhafid api sempat membesar saat tertiup angin kencang sebelum mobil pemadam datang. “Kayu tersebut sudah kering makanya api cepat melahap, api sempat membesar tadi letika ada angin besar,” ungkapnya.

Belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut. Nurhafid mempunyai keyakinan ada penyebab lain selain ulah tangan manusia karena di makam Ki Ronggo tempat bersemayamnya para wali. “Saya tidak tau penyebabnya apa. Di sini kan makamnya pembabat Bondowoso. Ki Ronggo juga kan wali jadi ya tidak bisa terfikirkan akal,” kata Nurhafid yang sejak lama telah menjaga makam.

Nurhafid menambahkan, sebelumnya pohon berdiameter kurang lebih 7 meter tersebut sudah pernah terbakar pada tahun 1995. Saat itu juga tidak diketahui secara pasti penyebabnya.  Hingga berita ini tayang kobaran api sudah berhasil dipadamkan. Kebakaran ini membuat warga Bondowoso heboh. Setidaknya banyak foto kebakaran yang viral di grup-grup medsos. (abr/esb)