BANYUWANGI – Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Banyuwangi masa bakti 2017 – 2022 akan dilantik hari ini sekira pukul 18.00 WIB. Pelantikan akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan, Desa Karangdoro, Tegalsari, Banyuwangi dan diagendakan dihadiri Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Yaqut Cholil Qaumas.

Ketua Panitia Pelantikan PC GP Ansor Banyuwangi Abdul Aziz, mengatakan dari hasil komunikasi dan konfirmasi terakhir, dipastikan Ketum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qaumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut akan hadir. Selain melantik juga akan memberikan orientasi akbar bagi pengurus dan anggota PC GP Ansor di Banyuwangi.

Tidak hanya dihadiri Ketum PP GP Ansor, kegiatan juga akan dihadiri Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor, Adung Abdurrahman, Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur Rudi Tri Wahid, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Acara pelantikan kali ini, kata Mahbub mengambil tema ‘Memupuk Kembali Semangat Ukhwah Ansoriyah an Nahdliyah di Tengah Gempuran Ideologi dan Isu Global’.

“Tema ini kami pilih, karena banyak ideologi baru yang berkembang di Indonesia dan tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” terang tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) dan juga pengusaha ini.

Untuk persiapan acara pelantikan, Acara akan diawali dengan pembacaan Sholawat Rijalul Ansor sembari menunggu semua peserta dan undangan datang.

Agenda sakral ini juga dimeriahkan penampilan grup paduan suara mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng, band religi dari Surabaya dan penampilan artis Banyuwangi Vita Academy. Ribuan pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting Ansor se Banyuwangi, juga akan memadati acara.

 

Baca Juga :Gus Ipul : Muslimat NU Berperan Satukan Keutuhan Keluarga

 

“Karena agenda kita orientasi akbar dan dihadiri Ketum Pimpinan Pusat, tentu semua pengurus ansor di tingkat ranting dan anak cabang kami undang semua,” jelas pria yang akrab di sapa Mahbub itu.

Panitia, lanjutnya, telah menyebarkan undangan kepada seluruh alim ulama’, Kiai, Badan Otonom (Banom) NU, Pengurus MWCNU, tokoh partai politik, tokoh lintas agama, organisasi kepemudaan (OKP) dan seluruh instansi komponen Pemerintah Daerah Banyuwangi.

Selain pelantikan dan orientasi akbar, juga akan dilaksanakan launching Dompet Sosial Ansorul Ummah (DSAU) yang merupakan salah satu program dari PC GP Ansor Banyuwangi.

“Di akhir acara juga akan diisi ceramah agama yang akan disampaikan KH.Abdul Ghofar,” pungkas pria yang juga dosen Untag Banyuwangi ini. (mhb/esb)