Share

BONDOWOSO – Harga cabe rawit di tingkat petani terus mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir. Jika sebelumnya harga cabe rawit hijau masih berkutat di kisaran harga Rp 22.000 hingga Rp 25.000 per kilogram, kini harganya di kisaran Rp 15 – 20 ribu per kilogram. Kondisi itu membuat petani cabe di Bondowoso khawatir.

Menurut Holib Basul pengepul cabe di Desa Jebung Lor Tlogosari mengatakan, meski harga cabe rawit hijau terus menurun, tapi masih pada posisi yang menguntungkan. Sebab, harganya masih berada dikisaran Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per kilogram. “Kalau harga cabe sudah berada dibawah Rp 10.000, itu yang dikwatirkan, karena bisa-bisa hanya balik modal atau rugi,” kata Holib.

Diakui, sejak harga cabe naik diatas Rp 50.000 per kilogram beberapa waktu lalu, para petani berlomba-lomba menanam cabe. Meski kondisinya banyak cabe yang mati akibat cuaca atau terserang hama, petani masih memaksa untuk menanam. “Kalau petani bersamaan panen, bisa dipastikan cabe rawit hijau akan berlimpah. Namun harga cabe rawit hijau tersebut bagi petani masih diuntungkan dengan fluktuasi harga yang standar di pasaran,” ujarnya.

Jika harga cabe rawit hijau terus menurun dan produknya sudah tidak terserap, maka kerugian terhadap petani cabe akan menjadi ancaman. Namun, hingga saat ini masih bisa diserap baik oleh pedagang lokal maupun pedagang besar. “Kita sangat berharap, harga cabe rawit hijau masih terserap, apalagi penghasil cabe terbesar di Jawa Barat saat ini mengalami penurunan akibat cuaca hujan yang terus mengguyur,” imbuhnya.

Sementara itu, Suhartono Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bondowoso mengungkapkan, menurunnya harga cabe rawit dipasaran tidak membuat petani cabe rugi. Karena saat ini produktivitasnya sangat tinggi. Suhartono memprediksi harga cabe akan stabil, apalagi menjelang bulan puasa yang tinggal beberapa hari lagi.

Menurut dia, pada saat bulan puasa dan menjelang hari raya idul fitri harga komoditi mengalami kenaikan. “Pantauan kami di lapangan sekarang ini masih fluktuatif dan tidak mengkwatirkan, karena harga cabe rawit hijau sekarang masih lumayan bagus,” ujarnya. (ifa/esb)