SURABAYA – Setiap orang tua wajib mendampingi dan membimbing anak agar lebih semangat belajar dan tercipta generasi yang siap bersaing dalam persaingan global saat ini. Demikian diungkapkan Wakil Gubenur Jatim, Drs H. Saifullah Yusuf pada acara temu wali mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kabupaten Tulungagung, kemarin.

Gus Ipul sapaan akrabnya mengatakan bahwa pendidikan terbagi menjadi tiga yaitu formal, informal dan non formal. Pendidikan formal ada di sekolah, pendidikan non formal ada di antara sekolah dan rumah, sedangkan pendidikan informal ada di rumah.

“Maksudnya perwujudan peran orang tua dalam hal kedisiplinan yang diterapkan di sektor formal, informal dan non formal wajib diperhatikan. Misalnya, apabila diterapkan disiplin di sekolah maka di rumah juga harus disiplin pula seperti yang pernah diungkapkan Ki Hajar Dewantara,” katanya.

 

Baca Juga : DPW PKB Jatim Deklarasi Pemenangan Gus Ipul Dalam Pilgub 2018

 

Menurutnya, ada beberapa persiapan dalam menyiapkan generasi penerus yang berkualitas, diantaranya menyiapkan generasi berakal, memiliki spiritual happines , tidak mudah putus asa dan dibekali dengan keterampilan.Hal tersebut menjadikan syarat utama mempersiapkan generasi pemenang.

“Kedepannya, persaingan sangat kete karena pesaingnya bukan hanya dari dalam negeri saja tetapi dari negara lain,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk pelajar yang bisa meneruskan ke jenjang perguruan tinggi harus bersyukur, karena tidak semua bisa melakukannya. Menurutnya, di Jatim hanya ada 34-35 persen pelajar yang bisa meneruskan ke jenjang perguruan tinggi.

“Di Jawa Timur, diharapkan untuk pelajar bisa meneruskan ke jenjang perguruan tinggi tiap tahunnya dapat meningkat,” pungkasnya.(sga)