Saifullah Yusuf atau Gus Ipul didamping Pengurus PKB saat mengambil formulir sebagai Bacagub Jatim ke DPD Partai Golkar Jawa Timur, Kemarin.

SURABAYA – Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul ini didamping Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa timur Abdul Halim Iskandar, Sekretaris DPW PKB Badrut amam dan Ketua Pemenangan Pilkada DPW PKB Jawa Timur Thoriqul Haq mengambil formulir sebagai bakal calon gubernur (Bacagub) Jatim ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur, tadi siang. Gus Ipul bersama rombongan pengurus PKB ditemui Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Nyono Suherli dan Sekretaris DPD Partai Golkar Sahat Tua Simanjuntak.

Gus Ipul mengaku mendaftar melalui Golkar, setelah Ia mendengar telah dibukanya pendaftaran di Partai yang berlogo pohon beringin tersebut. “Saya sengaja diantar Pak Halim (Abd Halim Iskandar, red) karena ini bukti keseriusan saya. Jadi saya tidak mewakilkan dan langsung saya ambil formulir pendaftaran di Golkar sendiri,” katanya saat menerima formulir.

Pengambilan formulir ini, dijelaskannya sebagai bentuk keseriusan untuk membangun koalisi, serta bentuk tindak lanjut atas ‘Safari Politik’ yang dilakukan pada bulan puasa yang lalu. “Saya hari ini mengambil formulir untuk selanjutnya nanti saya lengkapi. Seterusnya saya menghormati mekanisme partai. Kedatangan saya ke Golkar ini juga menggaris bawahi betapa kita serius untuk membangun koalisi untuk membangun kebersamaan dalam rangka menuju 2018,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar. Menurutnya, PKB sengaja mengajak Golkar untuk bersama-sama mengusung Gus Ipul sebagai bagian untuk membangun kebersamaan didasarkan visi dan misi bukan berdasar pada kepentingan sesaat.

 

Baca Juga : Kiai Kampung Deklarasi Pertegas Dukung Gus Ipul

 

“Kita ingin tunjukkan pada warga Jawa Timur bahwa partai politik di Jatim memiliki kesamaan untuk membanmgun kebersamaan didasarkan visi dan misi bukan kepentingan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Jatim Nyono Suharli mengaku berterima kasih kepada Gus Ipul karena telah menjadi yang pertama mengambil fomulir. “Gus Ipul yang pertama kali mengambil formulir pendaftaran, mudah-mudahan segera diisi dan dikembalikan bersama persyaratannya,” katanya.

Menurutnya,DPD Golkar Jawa Timur membuka peluang bagi siapapun untuk mendaftar. Namun dari kader internal hingga saat ini belum ada yang berkomunikasi untuk mendaftarkan diri.

“Semua tergantung survei, para kader internal belum ada. Golkar tidak akan memaksakan. Selanjutnya, DPD Golkar akan mengirimkan proses pendaftaran ini ke DPP Golkar,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, pendaftaran Bacagub Jatim di Golkar dibuka mulai 7 Agustus hingga 19 Agustus 2017 mendatang.Selain mendaftar ke Golkar, Gus Ipul sebelumnya juga telah mendaftar ke PDI Perjuangan, Demokrat, serta Hanura.Dan selama ini, Gus Ipul telah resmi diusung PKB. (sga)