Share

SURABAYA – Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul mengembalikan formulir untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018 ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat (PD) Provinsi Jatim, kemarin. Pada proses pengembalian formulir, Gus Ipul didampingi Sekretaris Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim Badrut Tamam dan Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PKB Jatim Thoriqul Haq.

Ketua Desk Pilkada DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio menjelaskan Gus Ipul ini mengambil formulir pada 1 Juni dan mengembalikannya di hari terakhir, 31 Juli 2017.Dari 19 poin yang menjadi persyaratan, sudah terdapat 18 poin yang terpenuhi.

“Masih kurang video profil yang belum diserahkan. Kami harap secepatnya diserahkan ke panitia desk pilkada. Kebetulan untuk memenuhi kelengkapan masih ada waktu sepekan lagi,” katanya sembari menegaskan bahwa tak ada perpanjangan masa pendaftaran.
Sementara itu, Gus Ipul ditemui usai mengembalikan formulir kepada wartawan mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada internal Partai Demokrat terkait diterima atau tidaknya sebagai calon gubernur.

“Mendaftar dan pengembalian formulir ini sebagai bentuk penghormatan terhadap partai. Hasilnya kami serahkan sepenuhnya ke mekanisme internal berlaku,” katanya.

 

Baca Juga : Khofifah Bisa Daftar Cagub Dari DPP PDIP

 

Disisi lain, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa ternyata batal mengambil formulir pendaftaran Bakal Calon Gubernur (Bacagub) ke DPD Demokrat Jatim.

Renville Antonio mengakui, sempat berkomunikasi dengan tim pemenangan Khofifah beberapa waktu lalu. Dia menghargai, seandainya nanti Khofifah tidak jadi mendaftar ke partai Demokrat.

“Bu Khofifah sampai hari ini tidak ada kabar lebih lanjut, komunikasi sudah pernah.Kita hargai pertimbangan Bu Khofifah dan timnya,” pungkasnya.

Sekedar diketahui,Sampai hari terakhir, terdapat lima pendaftar telah mengembalikan formulir dan persyaratan, yaitu Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Wakil Ketua Umum DPP PD Nurhayati Ali Assegaf, Analis Madya Bidang Hukum Mabes Polri Kombes Pol Syafi’in, Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mattalitti, Dan Inspektur Provinsi Jatim Nurwiyatno. (sga)