SITUBONDO – Ribuan peserta membanjiri Alun-alun Situbondo dalam acara sepeda santai yang digelar PC GP Ansor Situbondo sebagai puncak rangkaian acara memperingati Harlah GP Ansor ke 94, Minggu pagi (7/5).

Hadir juga sebagai  peserta, Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) yang sekaligus membuka acara sepeda santai.

Dalam sambutannya, wakil gubernur itu mengucapkan banyak-banyak terimah kasih kepada warga NU khususnya  yang ada di Situbondo yang telah memperingati ulang tahun NU dengan beragam kegiatan.

“Sepeda santai pilihan yang tepat untuk mengajak masyarakat menjalin keakraban dengan warga NU.

Menurut survey bersepeda memiliki efek kesehatan yang luar biasa, baik jasmani maupun rohani, ” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sepeda Santai, Bashori Sanhaji, mengatakan, ada beberapa hal yang  menjadi alasan memilih sepeda santai sebagai salah satu bagian memperingati  ulang tahun NU, diantaranya, ingin menunjukkan kedekatan Kiai dan santri kepada masyarakat, adanya keterpaduan pentingnya olah batin dan olahraga, keterlibatan pejabat secara bersama-sama sebagai wujud komitmen  terhadap NKRI dan  untuk menghibur masyarakat.

“Kita ingin mendekatkan antara Kiai dan masyarakat, kita  juga ingin membumikan  bahwa olahraga itu penting disamping olah batin,” katanya.

Catatan panitia penyelenggara sepeda santai, dari 4 ribu kupon yang tersebar, sekitar 25 ribu yang berpartisipasi mengikuti sepeda  santai sejauh 10 kilometer, dimulai dari depan kantor pemerintah daerah Situbondo dan berakhir di alun-alun Situbondo.

Ribuan peserta ini diikuti oleh seluruh jajaran Forum  Komunikasi Pimpinan Daerah, jajaran pejabat pemkab, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat umum. Tampak juga Kiai Kholil As’ad dan Kadis PUPR Bondowoso Karna Suswandi dalam kegiatan tersebut. (yud/esb)