Share


BONDOWOSO – Badan Pengawas Pemilu Bondowoso menertibkan APK (Alat Peraga Kampanye) Caleg dan Capres-Cawapres yang melanggar, Kamis (13/12). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka gerakan Jatim tertib serentak di seluruh kabupaten, yang untuk wilayah Bondowoso juga serentak dilakukan di seluruh kecamatan.
Muhammad Makhsun, Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, di tengah-tengah kegiatan pembersihan APK, menuturkan, bahwa APK yang dibersihkan merupakan yang dalam pemasangannya tidak sesuai dengan SK KPU, peraturan Bawaslu, maupun Perda. Seperti contohnya, pemasangan APK Caleg di billboard ini masuk kategori melanggar. Karena berdasarkan aturan Bawaslu, pemasangan di billboard hanya diperuntukkan untuk partai parpol.

“Artinya APK yang boleh dipadang hanya APK yang difasilitasi oleh KPU. Di luar itu tidak diijinkan. APK yang difasilitasi KPU pun, yang bisa dipsang di billboard hanya maksimal dua dalam satu kabupaten,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa APK yang berbayar untuk billboard hanya diperuntukkan parpol, dan difasilitasi oleh KPU. Sehingga, pihaknya tetap menertibkan APK dibillboard manakala itu merupakan APK Caleg.

Di samping itu, pihaknya juga membersihkan stiker calon presiden maupaun caleg yang dipasang di sejumlah angkutan umum. Pasalnya, sesuai dengan SE Bawaslu, pemasangan stiker di angkutan umum tidak diijinkan untuk memasang branding.

“Kami Bawaslu sudah berikirim surat ke partai politik. Kami di tiap-tiap kecamatan sudah melakukan koordinasi dengan PAC, dengan caleg-caleg di setiap kecamatan mensosialiksikan tentang regulasi yang ada terkaiat APK/BK dan tentang kamapnye secara umum,” jelasnya.

Menurut Makhsun, pihaknya mendahulukan langkah-langkah pencegahan. Dengan melakukan sosialisasi dan pemberitahuan. Sehingga, menurut pantauannya sudah tampak beberapa APK caleg yang diturunkan sendiri.

“Kita bagi dua tim. Satu tim untuk menertibkan branding yang mobil itu. Sebagian bersama disini, masinh-masing ada satpol PP, pihak kepolisian, ada Dishub,” ungkapnya.


Pantauan di lapangan, tim Bawaslu menertibkan APK melanggar dimulai pada pukul 08.30. Kemudian pihaknya menyusuri hampir setiap Kawasan jalur hijau, termasuk menertibkan APK/BK yang di pasangn di angkutan umum.(och)