Share

PROBOLINGGO KOTA – Program Dinas Perikanan Kota Probolinggo, yaitu Gemar Makan Ikan Sumber Protein Hewani (Gema Insani) secara rutinitas terus menerus dilakukan, sejak September bulan lalu.

Kali ini, kegiatan program ini dilaksanakan dengan menggandeng anak usia dini dan TK, yaitu bagikan aneka produk olahan berbahan dasar ikan.

Dari pantauan media ini, sasaran program kali ini yaitu TK Mustika Bunda yang berada di Jalan Sunan Muria No. 46 dan TK Mega Cerita yang berada di Jalan Cokroaminoto Gang Meranggi.

Kedua TK itu berada di wilayah Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran. Total ada 85 anak yang memperoleh paket olahan ikan yang dikemas dalam satu tas sekolah bergambar ikan.

Sementara itu, Walikota Probolinggo, Rukmini, yang hadir bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekdakot Probolinggo Sudiyanto, Kepala Dinas Perikanan Kota Pronolinggo Sudiman, Kepala DP3AKB Kota Probolinggo Sukam, Ketua Forikan yang sekaligus Ketua TP PKK Kota Tri Wahyuni Bambang, menyapa seluruh anak-anak dan orang tuanya.

“Para orang tua harus memberikan ikan sebagai makanan sehari-hari. Agar tidak bosan dengan ikan yang digoreng, bisa pilih menu olahan ikan, seperti yang dibagikan kali ini, ada pentol ikan, nugget ikan, pempek ikan dan abon ikan, supaya semua anak di kota menjadi anak yang sehat, cerdas dan berkualitas. Anak-anak suka makan ikan ya?” tanya Walikota Rukmini.

Pertanyaan tersebut langsung direspon dengan penuh semangat oleh anak-anak. ” Ya, Bunda”, jawab mereka.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Forikan, Tri Wahyuni Bambang. Menurutnya, Gema Insani merupakan upaya untuk mengkampanyekan gemar makan ikan.

“Angka konsumsi ikan masyarakat Kota Probolinggo pada tahun 2017 sebesar 33,70 kg per kapita. Masih jauh dari target nasional yang mencapai 43,15 kg per kapita. Namun Kota Probolinggo sudah masuk peringkat tertinggi di Provinsi Jawa Timur. Salah satu cara meningkatkan konsumsi ikan melalui giat Gema Insani,” imbuhnya. (afu)