Share

SITUBONDO – TP PKK Kabupaten Situbondo bersama RS Umum Daerah Abdur Rahem menggelar talkshow “Menjaga Kesehatan Reproduksi dan Kebugaran Perempuan”, di Pendopo Arya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (20/12/2022) itu, diselenggarakan dalam rangka menyambut hari ibu ke-94 tahun 2022 ini.

Direktur RS Abdur Rahem, Dr. Rukmi Prabarini Ario
mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi tentang kesehatan reproduksi. Utamanya terkait kanker payudara.

Lebih-lebih kanker, disebutnya merupakan ‘pembunuh’ yang cukup tinggi para wanita di seluruh dunia.

Karena kanker payudara sendiri bisa diprediksi kemunculan sejak awal. Agar tidak kemudian masuk dalam stadium akut, maka pihaknya sengaja memberikan edukasi ini.

” Kami harapkan ini bisa bermanfaat,” urainya.

Ia menerangkan, kegiatan ini sendiri diikuti oleh puluhan ibu-ibu TP PKK kabupaten Situbondo.

Sementara itu, Bupati Karna Suswandi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Karena memang dinilainya sehat merupakan kunci dari hidup seseorang.

Baca Juga : UU PPSK Disetujui, LPEI Apresiasi Pemerintah dan DPR

“Karena sehat itu nikmat, karena sehat itu mahal. Maka mari jaga kesehatan dengan menjaga konsumsi makanan, berolahraga,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, ia menjabarkan bahwa saat ini pihaknya terus berupaya memberikan layanan kesehatan di semua tingkatan jadi lebih baik.

Salah satunya yakni program SEHATI (sehat gratis). Dalam layanan ini pemerintah menganggarkan hampir sekitar Rp 10 jutaan bagi masyarakat miskin. Jumlah ini meningkat dua kali lipat, dibanding sebelumnya.

“Kalau dulu membawa surat pernyataan miskin. Hari ini kita tidak usah membawa surat pernyataan miskin, tapi cukup menunjukkan KTP, sudah bisa terlayani gratis,” pungkasnya.(Och)