Share

BONDOWOSO – Sebagai wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan kepada sesama, Komunitas Pondok Shodaqoh melaksanakan bakti sosial khitan massal di Desa Kasemek, Tenggarang, Senin (23/5/2022).

Komunitas yang beranggotakan puluhan tenaga kesehatan itu berhasil mengkhitan 18 anak. 10 anak asal Desa Kasemek sendiri dan 8 anak dari Desa tetangga.

Koordinator kegiatan, Abdul Wakil, mengatakan, giat amal tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kasih sayang dari teman seprofesinya terhadap anak-anak Desa. Ia berharap anak-anak yang telah menunaikan kewajibannya sebagai seorang muslim, kelak tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang juga peduli terhadap sesama.

“Kegiatan seperti ini kita lakukan sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat,” kata perawat di RS Bhayangkara Bondowoso itu.

Ditambahkan oleh Bintara Kodim 0822 Bondowoso, Mario, bahwa selain melakukan baksos khitan, rumah shodaqoh juga kerap melakukan baksos lain. Salah-satunya seperti pembagian sembako kepada dhuafa.

Baca Juga : Resahkan Warga, Polisi Gerebek Arena Judi Sabung Ayam di Sumberkolak

“Alhamdulillah kita sebagai tenaga kesehatan bisa saling berbagi untuk sesama,” ungkap Bintara Kodim 0822 yang memiliki kualifikasi perawat itu.

Sementara Kepala Desa Kasemek, Hanaki, mengucapkan terimakasih kepada rumah shodaqoh dan Lodokombo rumah khitan serta pihak-pihak lain yang turut membantu. Menurutnya, acara yang digagas oleh rumah shodaqoh sangat bermanfaat bagi warganya.

“Tentu saya berharap kegiatan seperti ini tak hanya sekali ini saja. Kedepan, tentu dengan persiapan yang lebih matang, khitan massal bisa kembali dilakukan. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam memfasilitasi teman-teman perawat dan para orang tua anak-anak,” tutupnya.

Pantauan di lokasi, acara khitan massal berlangsung selama kurang lebih 5 jam. Mulai dari pukul 07.30 WIB hingga 11.30 WIB. Petugas sunat berjumlah 7 orang. Masing-masing dari 1 petugas anggota Kodim 0822, 1 perawat RS Bhayangkara Bondowoso, 1 perawat Puskesmas Jambesari DS, dan 1 perawat dari Puskesmas Binakal, 2 perawat RSU Kaliwates, Jember dan 1 perawat RSUD Kalisat, Jember.

Sebagai bentuk tanda asih kepada anak-anak, masing-masing anak diberi buah tangan berupa celana khitan, Al-Quran dan sedikit uang jajan. (abr)