Share

BONDOWOSO – Gedung sentra industri kopi di Desa/Kecamatan Sumber Wringin mangkrak.

Pantauan Memo Indonesia di lokasi, gedung milik pemerintah daerah Bondowoso itu, tak terawat, semak belukar setinggi pinggang orang dewasa pun tumbuh di sekitaran.

Tampak pula sentra yang terdiri dari enam gedung itu, dindingnya di beberapa bangunan juga tak luput dari aksi vandalisme orang-orang tak bertanggung jawab.

Ironisnya lagi, beberapa bekas alat kontrasepsi kondom ditemukan di gedung yang dibangun tahun 2014 lalu itu.

Dikonfirmasi terkait ini, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Bondowoso, Sigit Purnomo, menjelaskan, resi gudang dibangun dengan spek khusus, jadi harus diperuntukan untuk hal yang khusus. Dan tidak dapat digunakan untuk hal yang lain.

“Kalau seperti itu, kita kan juga harus memilih. Siapa yang mau makek, sementara kita kan belum mengoperasionalkan itu,” katanya.

Baca Juga : Jadi Narasumber di Acara UMKM Week 2022, Ini Pesan Kadiv Jasa Konsultasi LPEI

Sementara itu Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, mengakui, saat ini memang sedang terbengkalai. Karena itulah, akan menindaklanjuti bangunan yang menghabiskan anggaran yang tidak sedikit ini agar bisa berfungsi kembali. Sehingga kebermanfaatannya dapat dirasakan masyarakat.

Rencananya, gedung tersebut akan dimanfaatkan untuk dikelola Bumdes bersama yang ada di desa setempat. Mereka akan menjadi pihak ketiga yang mengelola gudang.

“Tempo hari sudah ada beberapa yang mengajukan. Tapi, kita masih berkonsultasi dengan Bappeti Jatim,” imbuhnya.

Irwan juga mengatakan, saat ini sedang ada pada tahap konsultasi ke Bappeti.

Di lain sisi, ia mengaku akan segera memerintahkan kepada Diskoperindag, untuk segera membersihkan tempat tersebut. Serta berkoordinasi dengan Forpimcam setempat,

“Nanti saya akan menindak lanjuti, apa yang menjadi masukan dari teman-teman media,” pungkasnya.(Och)